by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Dira Hefni                 
255 0 0
Acara Akademik August 30 3 Min Read

PENYULUHAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) DAN OBAT TRADISIONAL KEPADA IBU-IBU PKK DESA SIKAPAK BARAT




Pada hari Sabtu, tanggal 5 Agustus 2023 bertempat di Gedung Serbaguna Desa Sikapak Barat Kota Pariaman Sumatera Barat telah terlaksana kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh salah seorang Dosen Fakultas Farmasi Universitas Andalas ibu Dr. apt. Dira Hefni sebagai narasumber yang sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bersama dengan mahasiswa/i peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2023 dengan tema Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Obat Tradisional (Gambar 1.)

Gambar 1. Penyuluhan oleh narasumber

Kegiatan ini dihadiri oleh ibu-ibu anggota PKK Sikapak Barat yang merupakan unsur yang sangat penting dalam pengembangan tanaman obat dalam keluarga dan pemanfaatan obat tradisional dalam kehidupan sehari-hari. Materi yang diberikan yaitu pengenalan dan pengelompokan obat tradisional, baik yang sudah dalam bentuk sediaan farmasi dan beredar di masyarakat ataupun yang dibuat secara mandiri oleh masyarakat. Sediaan obat tradisional yang sudah beredar dapat berupa Jamu, Obat Herbal terstandar dan Fitofarmaka yang dapat dibedakan berdasarkan logonya (Gambar 2.)

Gambar 2. Penyluhan contoh sediaan obat tradisional

Selain menggunakan sediaan yang beredar, masyarakat juga dapat membuat secara mandiri. Mulai dari budidaya tanaman yang berkhasiat sebagai obat dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Selain sebagai usaha pelestarian alam dan sarana keindahan, tanaman ini dapat meningkatkan derajat kesehatan dengan mencegah berbagai penyakit.

Dalam kegiatan penyuluhan ini juga diberikan beberapa petunjuk dalam memanfaatkan tanaman obat, mulai dari persyaratan bahan yang digunakan, ukuran dan takaran penggunaan, penyiapan alat, cara membuat serta cara penggunaannya. Dalam kesempatan ini juga diberikan resep bahan tanaman untuk mengobati beberapa penyakit yang terdapat dalam petunjuk praktis asuhan mandiri pemanfaatan TOGA. Mudah-mudahan peserta yang hadir dapat menerapkan informasi yang sudah diberikan dan dapat disampaikan kepada anggota keluarga lainnya.


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.