Trending

Yelly Oktavia Sari                 
208 0 4
Acara Akademik November 28 5 Min Read

Home Pharmacy Care Pasien Prolanis Diabetes Mellitus di Kelurahan Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang




Fakultas Farmasi Universitas Andalas telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada hari Rabu tanggal 16 November 2022 jam 14.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB di RW 3 Kelurahan Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Padang. Rangkaian kegiatan terdiri dari penyuluhan dan edukasi mengenai Diabetes Mellitus oleh dokter, pengisian kuesioner pre-test dan post-test untuk mengukur tingkat pengetahuan masyarakat terhadap penyakit diabetes mellitus, pemeriksaan kesehatan serta konseling kepada masyarakat kelompok Prolanis Lansia di Wilayah RW 3 Kelurahan Padang Besi.

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini merupakan kolaborasi Dosen Fakultas Farmasi Universitas Andalas yaitu apt. Yelly Oktavia Sari, M.Pharm., Ph.D yang bertindak sekaligus sebagai Ketua Pengabdian Masyarakat bersama apt. Dita Permatasari, M.Farm dan dr. Liganda Endo Mahata, M.Biomed Dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas serta melibatkan mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Andalas yang tergabung dalam klub NSAID (New Society of Andalas Pharmaceutical for Education and Information about Drugs).

Pengabdian masyarakat ini menargetkan masyarakat Prolanis Lansia di Kelurahan Padang Besi. Tingginya keingintahuan masyarakat mengenai diabetes mellitus terlihat dari antusiasme yang cukup luar biasa dari masyarakat walaupun hujan mengguyur daerah tersebut tetapi masyarakat tetap bersemangat menuju lokasi kegiatan, hal ini dapat terlihat dari banyaknya jumlah masyarakat yang terdaftar pada lembaran registrasi peserta. Setelah mengisi data identitas pribadi maka peserta diarahkan untuk menjawab beberapa pertanyaan pada lembar kuesioner pre-test mengenai pengetahuan mereka terhadap penyakit diabetes mellitus. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi penyuluhan mengenai Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Diabetes Mellitus. Peserta Prolanis lansia sangat antusias mendengarkan paparan dan penjelasan yang disampaikan secara lugas dan sangat menarik oleh dr. Liganda Endo Mahata, M.Biomed, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan oleh peserta terkait seputar masalah  diabetes mellitus ini. Setelah sesi diskusi dan tanya jawab berakhir maka kegiatan dilanjutkan dengan pengisian kuesioner post-test oleh peserta diakhir sesi materi.

Selanjutnya peserta melaksanakan pemeriksaan kesehatan dasar yang dilakukan oleh dokter dan dibantu oleh mahasiswa klub NSAID Fakultas Farmasi Universitas Andalas. Anggota NSAID dilatih untuk memiliki skill kefarmasian yang dapat menunjang perannya dalam pengabdian di masyarakat. Adapun pemeriksaan kesehatan dasar ini meliputi mengukur berat badan dan tinggi badan, tekanan darah dan pemeriksaan darah seperti kadar kolesterol, asam urat, dan gula darah.  Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan ini terlihat bahwa mayoritas peserta Prolanis Lansia memiliki  kadar gula darah, kolesterol dan asam urat yang tinggi.

Setelah semua data hasil pemeriksaan kesehatan dasar dicatat pada lembar kartu kontrol maka peserta diarahkan menuju meja pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter. Kartu kontrol yang dibawa peserta kemudian dianalisis dan diinterpretasioleh dokter. Pada bagian ini, pasien dapat berkonsultasi mengenai keluhan dan perkembangan kondisi kesehatan yang dialaminya kepada dokter. Keluhan terbanyak yang dirasakan oleh peserta prolanis lansia adalah nyeri persendian, badan lemas, badan gatal dan sulit tidur nyenyak. Menanggapi hal ini dokter memberikan saran kepada peserta untuk menjaga pola hidup yang sehat, berolahraga ringan dan mengatur pola makan dengan gizi seimbang. Selain itu, pasien juga diberikan informasi oleh apoteker mengenai cara penggunaan obat yang baik serta terapi non farmakologi yang dapat diterapkan masyarakat dalam rangka upaya pencegahan dan pengendalian gula darah.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen dan sudah menjadi agenda rutin dari Fakultas Farmasi Universitas Andalas. Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan tingkat pengetahuannya dalam pencegahan dan penanganan diabetes mellitus serta sadar akan pentingnya menjaga kadar gula darah. Sebagai Ketua Pengabdian Masyarakat (apt. Yelly Oktavia Sari, M.Pharm., Ph.D.) berharap dengan tercapainya tingkat pemahaman yang baik di masyarakat tentang diabetes mellitus maka kualitas kesehatan masyarakat dapat meningkat dan memperbaiki kualitas hidup masyarakat prolanis lansia di Kelurahan Padang Besi. Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Fakultas Farmasi Universitas Andalas ini disambut baik oleh masyarakat dan menjadi kegiatan yang berkelanjutan, harapan ini disampaikan oleh Ketua RW 3 Kelurahan Padang Besi Bapak Yohendri Bustamam dalam penutupan acara.

Yelly Oktavia Sari                 
208 0 4
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.