by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Ukasyah Muntaha                 
476 0 0
Sosial dan Bisnis October 25 5 Min Read

Awal Perkuliahan di Institut Teknologi Sumatera




Namaku Ukasyah, Ukasyah Muntaha lebih lengkapnya. Aku lahir dan besar di Kota Tangerang. Tahun 2022 aku dinyatakan lulus dari SMA PGRI 109 Tangerang. Sebelum pengumuman kelulusan SMA, aku terpilih sebagai salah satu siswa eligible, yaitu siswa yang berhak untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri (SNMPTN). Dengan berbagai pertimbangan, aku memutuskan untuk daftar di Institut Teknologi Sumatera dengan Program Studi Sains Data. Dan Alhamdulillah saya dinyatakan diterima sebagai mahasiswa baru ITERA 2022 Program Studi Sains Data.

Sebelum memulai perkuliahan, seluruh Mahasiswa Baru ITERA 2022 harus mengikuti Program Pengenalan Lingkungan Kampus (PPLK). Masa PPLK menjadi 7 hari yang sangat berkesan dan sangat menyenangkan untuk saya pribadi. Di PPLK ini saya bertemu dengan banyak orang-orang yang kini menjadi teman saya.

PPLK selesai, kini para mahasiswa baru Itera 2022 termasuk saya sendiri harus mengikuti program Tahap Persiapan Bersama (TPB).  TPB sendiri adalah tahap transisi para mahasiswa baru dari jenjang SMA ke bangku kuliah, yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Itera sebelum masuk ke program studi di semester 3. DI TPB ini, saya masuk di kelas TPB 1 yang terdiri 73 orang dari 4 program studi yang berbeda, yaitu Sains Data, Sains Atmosfer dan Keplanetan, Fisika, dan Kimia.

Awal masuk kuliah disebut sebagai masa-masa transisi, dimana perubahan dari masa sekolah ke kuliah perlu dilakukan dengan penyesuaian diri. Biasanya ke sekolah memakai seragam, sekarang memakai pakaian bebas tetapi sopan. Dahulu jaman sekolah disebut siswa sekarang disebutnya mahasiswa. Begitu juga dengan pengajarnya yang biasa di panggil guru, berubah menjadi dosen. Kemudian saya juga harus beradaptasi dengan lingkungan baru di Lampung, karena saya kini bisa dibilang sebagai seorang perantau asal Tangerang.

Disini, saya sangat bersyukur bertemu dengan teman-teman yang saling pengertian dan saling memahami satu sama lain. Karena beberapa teman yang saya temui disini merupakan perantau yang berasal dari pulau Jawa sama seperti saya maupun yang berasal dari berbagai provinsi di pulau Sumatera. Tanpa teman-teman saya mungkin saya akan lebih sulit beradaptasi dengan lingkungan baru ini.

Alasan saya kuliah di Itera sendiri adalah karena saya ingin melanjutkan pendidikan saya di kampus negeri dan belajar banyak hal baru dengan orang-orang yang baru saya temui dari berbagai latar belakang yang berbeda agar saya bisa lebih memperluas wawasan dan relasi saya. Harapan saya selama kuliah di Itera yaitu tidak mengecewakan kedua orang tua saya dan setelah lulus dari Itera saya sangat ingin membahagiakan kedua orang tua saya.


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.