by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

KHARISMA SEKAR WANGI                 
454 0 0
Sains dan Teknologi May 21 5 Min Read

Zat Racun atau Zat Toxic sebagai Komponen Non Gizi dalam Pangan




Pangan yang dikonsumsi manusia terdiri dari komponen gizi dan komponen non gizi.  Komponen non gizi berupa zat racun atau toksik berdampak buruk bagi tubuh manusia.  Zat racun merupakan senyawa dari dalam bahan itu sendiri bersifat racun atau dapat menghambat penyerapan zat gizi dalam tubuh. Akibat yang ditimbulkan berupa masalah kesehatan atau gangguan fungsi tubuh, penyakit, bahkan kematian.

Zat racun secara garis besar dibedakan menjadi senyawa beracun alamiah, senyawa beracun dari mikroba, dan senyawa beracun oleh residu dan pencemaran. Zat racun alamiah adalah zat atau senyawa yang dapat masuk ke dalam tubuh dengan berbagai cara yang menghambat respons pada sistem biologis, contohnya fitohemaglutinin pada kacang merah dan ciguatoxin pada ikan.

Zat racun yang berasal dari lingkungan seperti senyawa beracun dari mikroba dan senyawa beracun oleh residu dan pencemaran bisa disebut sebagai zat racun non alamiah. Zat racun yang bersal dari mikroba contohnya adalah Botulinin yang berasal dari bakteri Clostridium botulinum. Sedangkan zat racun dari residu misalnya residu pestisida yang bisa menyebabkan keracunan pada manusia.


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.