Trending

Nur Aini Gama Lestari                 
211 1 5
Sains dan Teknologi December 17 6 Min Read

Transformasi Pesantren Demi Berdaya dan Berjaya di Era Digital




Teknologi informasi di dalam kehidupan sehari hari sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, segala aspek kehidupan tidak dapat terlepaskan dari teknologi. Pendidikan, sebagai salah satu bidang yang memanfaatkan teknologi, tentunya sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Pendidikan adalah proses bimbingan yang dilakukan oleh para ahli secara inklusi terhadap murid untuk dapat hidup layak sesuai dengan tuntutan zaman. Untuk mengikuti perkembangan zaman, tuntutan dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran sebenarnya sudah harus dilakukan sejak lama, tetapi masih terdapat beberapa kesenjangan dalam penerapannya. Namun, pandemi Covid-19 telah mempercepat perubahan progresif pendidikan terutama di bidang digital karena hampir 1,5 miliar siswa melakukan sistem belajar jarak jauh (online).

Bagaimanapun juga, pengajaran online bukanlah satu-satunya inovasi yang mengubah pengalaman belajar dan pendidikan. Pembiasaan pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran harus juga diikuti dengan transformasi pola pembelajaran baik guru maupun peserta didik. Perubahan progresif dalam pelatihan menyiratkan siklus dan item digitalisasi untuk meningkatkan peluang pendidikan dan pertumbuhan semua pihak yang berkepentingan. Perubahan progresif dalam pengajaran berpusat pada aksesibilitas, contohnya teknologi digital memungkinkan siswa untuk mempelajari sumber daya dengan lebih efektif dan lebih terjangkau dibanding pelatihan tradisional. Lalu, pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan seperti halnya inovasi komputer dan kecerdasan buatan yang membantu siswa untuk mempelajari apa yang menjadi minat mereka.

Madrasah Aliyah atau pesantren merupakan salah satu titik lembaga pendidikan di Indonesia. Tugas pesantren tidak hanya sebagai lembaga pendidikan tetapi juga memiliki kapasitas sosial di wilayah lokal yang melingkupinya. Ada sekolah-sekolah Islam konvensional di mana orang-orang menimba ilmu. Sikap berbeda ditunjukkan oleh pesantren yang sudah berbasis modern dan mengkombinasikan sistem pembelajaran tradisional dengan kurikulum yang lebih formal. Pesantren modern pun menganggap bahwa kemajuan teknologi merupakan keniscayaan sejarah yang tidak bisa dipungkiri. Selama tidak merusak akidah dan ajaran Islam, pesantren merupakan pilar utama tradisi pendidikan Islam dan media dakwah di Indonesia saat ini. Pesantren dituntut untuk memikul beban sejarahnya, terlebih sebagai warisan tradisi Islam Indonesia yang bertugas melestarikan nilai-nilai Islam yang ada di Nusantara. Oleh karena itu, apapun bentuknya, setiap lembaga pendidikan pesantren harus mencerminkan Islam sebagai nilai ideal dan esensialnya. Pesantren yang sangat canggih dan modern pun tidak boleh kehilangan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan Islam ala Indonesia. Dengan demikian, inovasi dan perubahan pesantren tidak menyebabkan hilangnya cita-cita dan cita-cita luhur Pendidikan Islam di Indonesia. Tugas pesantren di era modern adalah mempertahankan eksistensi dan fungsinya sebagai lembaga pendidikan ilmu agama.

Di sisi lain, kemajuan teknologi dapat mempermudah dalam mendapatkan informasi, membantu menyebarkan informasi terkait pondok pesantren kepada masyarakat luas dan menambah jaringan. Tidak hanya itu, dengan kemajuan teknologi, pesantren juga dapat menyebarkan konten atau dakwah positif kepada masyarakat luas. Kajian pustaka tentang teknologi digital dalam pendidikan khususnya di pesantren sangat diperlukan karena kajian ini merupakan kajian teoritik yang mengumpulkan beberapa data dan bukti kajian ilmiah yang akan menginformasikan teori mana yang relevan setelah diuji melalui penelitian yang telah dilaporkan di berbagai buku dan artikel serta referensi seperti yang telah dilakukan oleh Ansori dan tim (2022).

Berdasarkan kajian yang telah dilakukan, terdapat dualisme pendidikan di mana saat ini di Indonesia pesantren konvensional dan pesantren modern yang semakin menampakkan diri dengan adaptasi teknologi digital. Melalui inovasi pembelajaran di pesantren, terlihat kemajuan di mana pendidikan Islam tidak lagi dipandang sebagai kuno. Terlebih, dukungan pemerintah Indonesia dalam memajukan pendidikan pesantren sangat baik, di mana pemerintah telah mengucurkan dana khusus dengan tujuan agar madrasah lanjutan dapat mengikuti tuntutan zaman, dan hal tersebut telah disadari oleh Kementerian Agama. Sebagai langkah konkret yang telah dilakukan, kementerian Agama telah menyusun rencana belanja Bantuan Afirmasi Madrasah hingga Rp 399,9 miliar. Selain itu, transformasi digital madrasah adalah sesuatu yang layak mendapat tempat, tidak hanya menjadi pelajaran tersendiri tetapi juga kemajuan digital di mana dapat siswa dan guru dapat mengakses berbagai teknologi informasi untuk memperkuat pembelajaran di sekolah. Sebagai contoh, kitab kuning sudah dapat diunduh secara efektif melalui aplikasi inovasi.

Seiring dengan peningkatan inovasi digital, masyarakat dunia kini menghadapi transformasi penting di hampir semua bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Kebangkitan Islam secara mendunia akan tampak cemerlang dan jaya ketika ilmu pengetahuan dan teknologi maju dan berkembang dari negara lain. Hadirnya berbagai teknologi yang siap menemani pembelajaran di pondok pesantren merupakan pertanda kebangkitan Islam, di mana Islam tidak lagi dianggap sebagai penghambat teknologi melainkan bagian dari memajukan peradaban karena Islam telah menjadi bagian dari masyarakat dunia, tidak hanya dari bangsa tertentu. Hakikat pesantren tidak dapat dipisahkan dari sejarahnya sebagai yayasan pendidikan paling tua di Indonesia. Namun, melalui perjalanan panjang dapat dibuktikan bahwa kehadiran pesantren tidak diragukan lagi  dan siap menyesuaikan diri dengan unsur-unsur kemajuan secara adaptif, bahkan menjadi sarana untuk melestarikan nilai Islam, moral, dan sosial sebagai ciri kebangkitan Islam.

 

Tulisan ini adalah adaptasi dari artikel berikut : 

https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/view/2222

Google Scholar Author : 

https://s.id/GoogleScholarAnsori

Sumber gambar : freepik.com

Nur Aini Gama Lestari                 
211 1 5
Bagikan ini ke sosial media anda

(1) Komentar

Image
Dedy Saputra Lubis 18 December 2022

GOOD!!!

Bagikan   

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.