by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Naufal Maarif                 
214 0 1
Opini Akademisi November 29 3 Min Read

Biotechnology in Indonesia: Progress on the Threshold of Extinction




Situasi bioteknologi di Indonesia mencerminkan gambaran global yang masih menghadapi tantangan serius. Meskipun telah berada di panggung industri selama satu dekade, kemajuan sektor ini di Tanah Air belum sepenuhnya sesuai dengan ekspektasi awal. Di tengah lonjakan pertumbuhan industri Teknologi Informasi (IT). Bioteknologi di Indonesia masih terkendala dalam menarik minat banyak individu sebagai opsi karier yang menjanjikan, dan terus mengalami kesulitan dalam menciptakan lapangan kerja yang memadai.

? Kesenjangan Pendidikan dan Keterampilan:

Persepsi terhadap bioteknologi sebagai karier di Indonesia dipengaruhi oleh ketersediaan program pendidikan berkualitas dan keterpaduan keterampilan dengan kebutuhan industri lokal. Untuk mengatasi kesenjangan ini, reformasi dalam sistem pendidikan menjadi krusial guna menghasilkan tenaga ahli bioteknologi yang sesuai dengan tuntutan pasar kerja di Indonesia.

? Ekspektasi vs Realitas:

Siswa-siswa dari jurusan biologi dengan spesifikasi bidang bioteknologi mungkin memiliki harapan untuk berkontribusi pada riset dan menjadi ilmuwan. Namun, realitas pekerjaan di Indonesia, terutama yang berasal dari industri manufaktur masih menjadi tantangan. Terlebih lagi, setelah meraih gelar sarjana sains, pilihan untuk mengejar PhD dapat menghadirkan kendala tersendiri dengan terbatasnya lapangan pekerjaan setelahnya.

? Kesadaran dan Persepsi Publik:

Kesadaran masyarakat Indonesia terhadap potensi dan kontribusi bioteknologi masih perlu ditingkatkan. Siswa-siswa dari lapisan masyarakat tertentu masih cenderung memilih sektor lain sebagai pilihan utama karier mereka daripada memilih bidang bioteknologi. Upaya untuk meningkatkan kesadaran mengenai beragam peluang dan manfaat bioteknologi dapat memberikan dampak positif pada persepsi masyarakat terhadap sektor ini.

? Investasi Penelitian dan Pengembangan:

Tingkat investasi dalam penelitian dan pengembangan di sektor bioteknologi Indonesia perlu ditingkatkan. Pendanaan dan dukungan yang lebih besar menjadi kunci untuk merangsang pertumbuhan dan inovasi dalam industri ini, memastikan bahwa Indonesia tetap relevan dalam perkembangan global di bidang bioteknologi.

Dengan menyelaraskan pendidikan, mengatasi tantangan ekspektasi versus realitas, meningkatkan kesadaran publik, dan mendorong investasi dalam penelitian, Indonesia dapat meraih peluang untuk memajukan sektor bioteknologi secara berkelanjutan. Perubahan besar-besaran diperlukan untuk menjaga agar bioteknologi tetap relevan dan berkontribusi secara signifikan dalam konteks lokal maupun global.

#bioteknologi #sainsdanteknologi #ilmuhayati.

Referensi 

https://www.linkedin.com/in/dr-deepak-parashar-309814174/ dengan sedikit perubahan.


Editor:     Rezekinta Syahputra Sembiring                 

AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.