Trending

Adi Prastyo                 
60 0 0
Opini Akademisi October 29 5 Min Read

Grammar Bahasa Inggris Yang Perlu Dikuasai Pemula




Bahasa Inggris adalah kemampuan yang saat ini sudah terasa pentingnya untuk dikuasai. Kemampuan ini sekarang bisa kamu pelajari dengan mudah karena terdapat banyak sumber belajar yang tersedia di internet. Mungkin bagi pemula masih belum bisa menentukan harus belajar dari mana. Akan tetapi dalam tulisan ini saya akan memberikan informasi mengenai beberapa hal yang bisa digunakan untuk bahan belajar bagi yang ingin memulai belajar bahasa Inggris. Berikut informasinya.

Struktur Kalimat Dasar

Struktur kalimat dasar adalah sebuah kalimat sederhana. Sebuah kalimat umumnya terdapat kata benda (noun) dan kata kerja (verb). pada hal ini noun berfungsi untuk menunjukkan subjek atau objek, dan kata kerja merupakan predikat. Struktur kalimat dasar ini mirip SPOK dalam bahasa Indonesia.

Contoh sederhananya seperti “he goes to school” yang artinya “dia pergi ke sekolah”. Dalam hal ini kita sudah dapat menentukan subjek dan objek dari kalimat tersebut, seperti “he dan school”. Dan “goes” merupakan verb atau kata kerja yang berperan sebagai predikat. Ini merupakan materi sederhana yang perlu kita kuasai karena hal ini adalah bekal awal untuk membuat kalimat yang lebih kompleks.

Penggunaan Preposisi in, on, at

Apa itu preposisi? Preposisi merupakan kata yang digunakan untuk menunjukkan lokasi. Jika dalam bahasa Indonesia, preposisi dapat berupa “di, ke, dari, oleh, dsb.” Sedangkan dalam bahasa Inggris preposisinya dasar yang harus dikuasai adalah “in, on, at”.

Penjelasannya adalah, kata “in” digunakan untuk menunjukan letak sesuatu yang berada di dalam, misalnya “you are in my heart”. Preposisi on digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang letaknya berada di atas, misalnya seperti kalimat “put the glass on the table” yang artinya letakkan gelas itu di atas meja. Sedangkan at digunakan untuk menjelaskan lokasi yang spesifik misalnya “I will wait for you at home”.

Selain lokasi, preposisi in, on, at juga bisa menunjukan waktu. In digunakan untuk menunjukan tahun, bulan, atau waktu lain seperti pagi, sore, atau malam. On digunakan untuk menunjukkan hari, minggu, atau tanggal. Sedangkan at digunakan untuk menunjukkan waktu spefisik seperti jam.

Penggunaan a dan an

“a dan an” merupakan sebuah frasa nomina. Atau biasa digunakan untuk menunjukkan satu dari sejumlah kata benda. Dalam bahasa Indonesia a dan an bisa diartikan “sebuah, atau seorang”. Aturan penggunaannya adalah, jika kata benda setelahnya diawali dengan huruf konsonan maka harus menggunakan a, misalnya “a teacher, a glass, a car”. Sedangkan apabila kata setelahnya diawali dengan hurf vokal, maka harus menggunakan an. Misalnya, “an elephant, an apple, an oven”.

Tenses

Tenses merupakan perubahan bentuk kata kerja atau aturan pembentukan kalimat berdasarkan waktu. Terdapat 16 tenses dalam bahasa Inggris, akan tetapi tidak semua dari ke 16 tenses ini sering digunakan dalam sebuah kalimat. Tenses digunakan untuk menunjukan suatu kegiatan berdasarkan waktu, maka dari itu dalam tenses ada perubahan bentuk kata kerja. Selain perlu memahami dan menghafal tenses, kamu juga perlu menghafal bentuk-bentuk verb atau kata kerja. tenses ini bisa kamu susun dalam bentuk tabel untuk lebih mudah dalam memahami.

Pronoun

Pronoun merupakan kata ganti yang menggantikan noun atau kata benda. Pronoun berfungsi agar sebuah kata tidak terjadi pengulangan. Misalnya untuk kata ganti orang pertama seperti I, me, we, dan us. Misalnya seperti kalimat “I will go to school”. Kata ganti orang kedua seperti “you, your, yours, yourself” misalnya seperti kalimat “you love me”. Sedangkan kata ganti orang ketiga menggunakan “he, she, him, his, her, it dsb.”

Kalimat Cause dan Effect

Kalimat Cause dan effect dalam bahasa Inggris merupakan sebuah kalimat yang menunjukan sebab akibat, atau sebab dari suatu aksi yang dilakukan. Dalam hal ini Cause merupakan penyebab sedangkan effect merupakan penyebab. Dalam membuat clause dan effect ini kita perlu mengenal signal word yang digunakan seperti “because, because of, due to, so, as a result, dsb.” Misalnya kalimat “because of my mom, i can be strong” yang artinya “karena ibuku, aku bisa menjadi kuat”. Untuk membuat kalimat cause dan effect ada dua rumus yang bisa kita gunakan. Rumusnya adalah (signal word+cause+effect) dan (effect+signal word+cause).

Itulah beberapa materi grammar bahasa Inggris dasar yang perlu kamu kuasai. Beberapa grammar tersebut bisa kamu jadikan bahan latihan untuk memulai belajar bahasa Inggris sebelum menuju ke tingkat yang lebih tinggi. Tentunya kamu juga perlu praktek dalam menulis sebuah kalimat atau berbicara. Tidak cukup dengan memahami sebatas teori. Jadi terus tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu untuk bekal kemampuanmu di masa mendatang.

Referensi:

https://titiknolenglish.com/penggunaan-cause-dan-effect-dalam-bahasa-inggris-beserta-contohnya/

Adi Prastyo                 
60 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.