by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Nur Rahmah Awaliah                 
387 2 4
Acara Akademik December 15 3 Min Read

Virtual Health and Writing Bootcamp 5.0




Era digital telah membawa transformasi yang luar biasa dalam banyak aspek kehidupan, dan ini termanifestasi dengan jelas dalam bidang kesehatan dan literasi. Kegiatan "Virtual Health and Writing Bootcamp 5.0 Seri 1" ini tidak hanya menangkap esensi perubahan, tapi juga berperan sebagai katalisator dalam meredefinisi dan menyatukan dua dunia yang tampaknya berbeda: kesehatan dan penulisan.

Didukung oleh berbagai pihak, seperti: AWMI, Vascular Indonesia, VO!CE, Predigti, AHT Cure, dan School of Life Institute, serta melibatkan elemen kesehatan virtual dan penulisan di era digital, bootcamp ini bukan sekadar mengikuti tren, tapi juga membentuknya. Di satu sisi, kesehatan virtual, yang mencakup telemedicine hingga nanoimmunobiotechnomedicine, adalah bidang yang berkembang pesat dan memiliki dampak besar pada cara kita mengakses dan memahami perawatan kesehatan. Di sisi lain, penulisan di era digital, yang sekarang lebih terfokus pada penerbitan elektronik dan teknologi penulisan canggih, mengubah cara kita berkomunikasi, berbagi pengetahuan, dan menyebarkan informasi.

Salah satu aspek paling menarik dari bootcamp virtual secara singkat ini adalah integrasinya antara kesehatan dan penulisan. Dengan menggabungkan kedua elemen ini, bootcamp menawarkan wawasan unik tentang bagaimana informasi kesehatan dapat disampaikan secara efektif melalui berbagai platform digital. Ini penting karena literasi kesehatan digital tidak hanya tentang mengakses informasi tetapi juga tentang memahami, mengolah, dan menggunakan informasi tersebut secara bertanggung jawab.

Transformasi literasi kesehatan digital, seperti yang diungkapkan dalam sesi "Transformation of Digital Health Literacy 5.0", sangat relevan dalam konteks pandemi global saat ini. Kita memerlukan pendekatan yang lebih dinamis dan adaptif dalam menyampaikan pendidikan kesehatan. Sesi ini dapat menjadi titik balik dalam mempersiapkan masyarakat agar lebih melek dan responsif terhadap informasi kesehatan yang berkembang cepat.

Selain itu, "The Art of Nanoimmunobiotechnomedicine 5.0" menggarisbawahi pentingnya memahami teknologi canggih dalam kedokteran, terutama konstelasi antara nanoteknologi, imunologi, biomedis serta perspektif Omics. Ini bukan hanya tentang inovasi teknologi, tetapi juga tentang bagaimana teknologi tersebut dapat dijelaskan dan dipahami oleh masyarakat umum dan profesional kesehatan. Oleh karena itu, penulisan dan komunikasi menjadi kunci dalam menjembatani kesenjangan antara ilmu pengetahuan canggih dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Virtual bootcamp ini memiliki potensi untuk menginspirasi generasi baru penulis dan profesional kesehatan yang tidak hanya ahli dalam bidang mereka, tetapi juga mampu berkomunikasi dan beradaptasi dengan efektif dalam dunia yang terus berubah.

Kegiatan Virtual Health and Writing Bootcamp 5.0 ini yang Insya Allah diadakan pada 22 Desember 2023, sekitar 19.00 WIB – selesai, akan menghadirkan berbagai narasumber yang sangat berkompeten dan berpengalaman di bidangnya, seperti:

1. Prof DR. Tria Astika Endah Permatasari, SKM, MKM yang memberikan materi berjudul: Writing Books 5.0: Rahasia Sukses Menulis Buku di Era Digital (19.20-19.40 WIB)

2. DR. Dokter Niko Azhari Hidayat, SpBTKV, SubspVE(K), menyampaikan paparan tentang “The Art of Telemedicine 5.0” (19.40-20.00 WIB)

3. Dokter Agus Ujianto, M.Si., Med., Sp.B., memberikan penjelasan tentang “Transformation of Digital Health Literacy 5.0” (20.00-20.20 WIB)

4. Letda Kes Dokter Muhammad Sobri Maulana, menyampaikan tentang: Pembuatan Laporan Kasus Berdasarkan Bukti atau Evidence-Based Case Report (20.20-20.40 WIB) 

5. Dokter Dito Anurogo, M.Sc., Ph.D(Cand.) yang menjelaskan tentang: The Art of Nanoimmunobiotechnomedicine 5.0 (20.40-21.00 WIB)

Moderator:

1. Irwina Eka Deraya

2. Della Blatama

3. Novi Irmania

Bagi para peserta yang mengerjakan tugas dari pemateri, akan mendapatkan e-sertifikat senilai 100 Jam Pembelajaran. Mekanisme dan link pengumpulan tugas, akan diberitahukan kemudian.

Jangan lewatkan kesempatan emas ini, peluang takkan berulang lagi! Segeralah daftarkan diri Anda! Link Zoom resmi hanya akan diberikan ke semua peserta yang telah secara resmi mendaftar.

Segeralah mendaftar melalui: bit.ly/HealthandWritingBootcamp

Informasi lebih lengkap, silakan menghubungi: Rahmah +62-852-9873-8660.


Editor:     Rezekinta Syahputra Sembiring                 

AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(2) Komentar

Image
HERTU APRIYANA 17 December 2023

ok

Bagikan   

Image
ERNA 21 December 2023

Sungguh hal yg menarik

Bagikan   

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.