by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Anur Wahyu Ningtyas                 
90365 6 16
Opini Akademisi February 5 5 Min Read

Pecinta Durian Harus Tahu! Hindari Makanan Ini Setelah Makan Durian.




Durian merupakan buah yang mendapatkan julukan raja buah karena kenikmatan rasa dan bentuknya. Durian menjadi salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Durian selain memiliki aroma yang khas, juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, ada beberapa orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti riwayat darah tinggi, magh sebaiknya menghindari konsumsi durian secara berlebih. Meski konsumsi durian umumnya relatif aman, ada beberapa pantangan setelah makan durian yang tidak boleh dilakukan. Bagi kamu pecinta durian, tahu kah bahwa terdapat beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama durian, karena konsumsi durian bersamaan dengan beberapa makanan lain dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Jika kamu tetap memaksakannya, kandungan nutrisi pada durian yang kamu konsumsi dapat beresiko menjadi tidak maksimal.

Beberapa makanan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi bersama durian. Kebenaran tentang larangan makan durian ini memang belum didukung dengan bukti ilmiah yang mencukupi, akan tetapi tidak ada salahnya untuk tetap diperhatikan sebagai bentuk kehati-hatian bagi tubuh kita. Berikut beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari setelah makan durian:

1. Manggis

Durian sebaiknya tidak dikonsumsi bersama manggis. Pasalnya durian dan manggis merupakan buah yang mengandung selulosa. Selulosa sendiri merupakan unsur yang menyerap air dan dapat memperbesar usus. Akibatnya, jika kita makan durian dan manggis bersamaan dapat menyebabkan susah buang air besar atau sembelit.

2. Seafood

Selain mengandung banyak vitamin, durian sendiri juga mengandung banyak lemak sama halnya dengan seafood. Makanan yang berlemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Sehingga sebaiknya kita menghindari konsumsi durian dan seafood secara bersamaan.

3. Susu

Konsumsi durian dan minum susu secara bersamaan atau dalam waktu dekat dapat menimbulkan kadar kafein yang tinggi dan bisa menimbulkan risiko kardiovaskuler kerena tekanan darah yang tinggi. Sehingga sebaiknya jangan coba-coba makan durian bersamaan dengan minum susu.

4. Kopi

Durian dapat meningkatkan metabolisme dan membuat detak jantung lebih meningkat. Serupa dengan kopi, kandungan kafein dalam durian juga dapat memberikan efek serupa. Buat kalian yang memiliki riwayat masalah kesehatan sakit jantung, sebaiknya hindari makan durian bersamaan dengan kopi. Selain itu, konsumsi kedua jenis makanan ini secara bersamaan dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

5. Minuman Beralkohol

Durian merupakan buah yang mengandung karbohidrat yang tinggi. Maka konsumsi durian dengan minuman beralkohol yang mengandung gas sebaiknya dihindari. Konsumsi durian bersamaan dengan minuman beralkohol dapat menyebabkan perut begah, penuh gas, dan sangat perih, maka sebaiknya hindari makan durian bersama dengan minuman beralkohol. Selain itu, durian mengandung sulfur yang dapat menurunkan enzim pemecah alkohol hingga 70%. Hal ini dapat mengakibatkan lama pulih dari kondisi mabuk.

6. Makanan Manis

Mengonsumsi durian secara berlebih dapat beresiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Bagi orang yang punya masalah dengan diabetes, sebaiknya hindari konsumsi durian bersama dengan makanan yang manis, karena beresiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

7. Minuman Bersoda

Durian dan minuman bersoda keduanya mengandung gas. Jika dikonsumsi secara bersamaan dapat menyebabkan kembung dan rasa tidak nyaman di perut.

8. Makan Daging Kambing dan Sapi

Memakan daging kambing atau sapi setelah memakan durian dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan pada tubuh atau inflamasi. Selain itu, makan durian bersamaan dengan memakan daging sapi maupun kambing dalam waktu berdekatan dapat menimbulkan gangguan pencernaan, darah tinggi, dan kolestrol.

Buat kalian pecinta durian, jangan risau dan takut untuk mengonsumsi durian. Boleh makan durian asalkan sesuai dengan kondisi tubuh dan jangan berlebihan. Karena mencegah tubuh dari penyakit lebih baik daripada mengobatinya.


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(6) Komentar

Image
5 May 2023

a

Bagikan   

Image
6 May 2023

Bagikan   

Image
13 September 2023

Bagikan   

Image
25 October 2023

Bagikan   

Image
Maksnyoss 3 November 2023

Dalam hidup ini

Bagikan   

Image
14 January 2024

Bagikan   

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.