Trending

Farida Dewi Nur`aini                 
53 0 0
Sains dan Teknologi November 4 3 Min Read

10 Tips Mudah untuk Atasi Mual




Saat kita mual biasanya nafsu makan menurun karena kita merasa seperti ingin muntah. Tubuh lunglai dan tidak bersemangat. Biasanya juga kita menjadi sangat sensitif terhadap bau-bauan. Jika kondisi tersebut dibiarkan saja maka sudah pasti sangat menghambat aktifitas kita.

Walaupun penyebab mual tersebut ada banyak faktor, tetapi tanpa memandang apa penyebabnya kita pasti ingin sekali meredakan gejala mual tersebut. Berikut adalah beberapa tips melansir dari Kompas yang bisa kita lakukan untuk meredakan gejala mual :

  1. Duduk dan Jangan Menekan Perut

Seperti yang dilansir pada Health Line, saat kita berbaring maka cairan lambung kita akan naik sehingga membuat mual kita semakin parah. Terutama jika kita mual karena GERD.

  1. Buka Jendela

Jika kita mual saat berkendara, kita perlu membuka jendela kendaraan agar kita bisa menghirup udara yang segar, sekaligus bisa menghilangkan bau yang membuat kita pusing serta mual.

  1. Kompres Dingin Bagian Belakang Leher

Hal ini dilakukan untuk menurunkan suhu tinggi pada tubuh yang juga bisa memicu terjadinya mual.

  1. Berikan Tekanan di Pergelangan Tangan

Teknik akupresur ini bisa dilakukan pada pergelangan kita karena titik penyebab mual terletak di pergelagan tangan bagian dalam, sekitar dua setengah inci ke bawah, di antara dua tendon besar. Coba tekan titik tersebut dengan gerakan memutar selama beberapa menit.

  1. Meditasi dan Alihkan Fokus

Kita bisa mengalihkan pikiran kita agar tidak berfokus pada rasa mual yang kita rasakan dengan bermeditasi. Karena meditasi dapat membuat kita rileks saat kita mengalami mual yang disebabkan oleh stress dan kecemasan. Tariklah napas dalam-dalam saat kita melakukan meditasi.

Selain dengan meditasi, kita juga bisa mengalihkan fokus kita dengan menonton tv atau hal lain yang ringan dan menyenangkan.

  1. Tetap Terhidrasi

Saat kita mual, usahakan untuk tetap terhidrasi dengan meminum air atau apapun sepanjang hari sedikit-sedikit tapi sering, agar perut kita tidak kembung jika kita langsung minum dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu.

  1. Menyeduh Teh Chamomile atau Air Jahe

Teh Chamomile memiliki efek sedatif yang akan membuat kita rileks dan mengantuk, sehingga bisa mengatasi mual kita. Jahe juga sering digunakan untuk meredakan mual karena membuat perut terasa hangat.

  1. Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda dapat membuat perut kembung, hal ini akan memperparah rasa mual kita. Selain itu kandungan gula pada minuman bersoda dapat meningkat mual kita.

  1. Hindari Makanan yang Memiliki Rasa Kuat

Seperti yang dilansir pada Cleveland Cinic, mengonsumsi makanan hambar dapat meringankan gejala mual atau muntah. Di samping itu hindari gorengan, makanan berserat, produk olahan susu, dan daging karena dapat memperparah mual.

  1. Konsumsi Obat Mual

Opsi terakhir saat mual kita sudah parah, kita perlu meminum obat yang dijual bebas di apotek seperti Emetrol, Nauzene, Dramamine, Pepto-Bismol, dan Gravol.

 

Sumber Gambar : shutterstock.com

Farida Dewi Nur`aini                 
53 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.