by INBIO
Sosial budaya terdiri dari dua kata yaitu sosial dan budaya. Sosial berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat sekitar. Budaya berasal dari kata Bodhya yang berarti budi dan akal. Budaya juga diartikan sebagai segala sesuatu yang dilakukan manusia berdasarkan pemikiran dan akal, yang meliputi cinta dan rasa. Jadi, sosial budaya adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia dengan pikiran dan kehendaknya dalam kehidupan bermasyarakat. (Berry, 1995)
Pendidikan merupakan sebuah bentuk dari perwujudan seni dan budaya manusia yang terus berubah, berkembang dan sebagai suatu alternatif yang paling rasional dan memungkinkan untuk melakukan suatu perubahan atau perkembangan. Pendidikan ada karena adanya suatu sistem masyarakat yang berperan di dalamnya, maka pendidikan dan masyarakat itu memiliki hubungan yang sangat erat dan saling ketergantungan. (Bungin, 2007)
Perubahan sosial yang terjadi pada suatu masyarakat sangat berpengaruh pada pendidikan, namun tidak semua perubahan sosial yang terjadi berdampak positif, tetapi ada juga perubahan sosial yang berakibat buruk bagi dunia pendidikan, berikut sisi positif dan negatif dari suatu perubahan sosial terhadap pendidikan (Fatah, 2005):
a. Dampak positif
Sisi positif dari sebuah perubahan sosial bagi pendidikan adalah dapat meningkatkan taraf pendidikan dalam kehidupan masyarakat sehingga dapat menghasilkan manusia yang siap menghadapi perubahan sosial tersebut.
b. Dampak negatif
Sedangkan dampak negatif dari suatu teknologi yang begitu pesat telah membawa banyak pengaruh budaya luar dan dapat merasuk pada kehidupan dan cara hidup. Siaran televisi dan akses internet yang sudah biasa dilakukan di mana saja, menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan untuk mengantisipasinya, jika tidak siap terhadap perubahan tersebut, maka siapapun akan tergusur, namun jika tidak maka para pegiat pendidikan senantiasa berinovasi dan berkreasi dalam mengantisipasi perubahan tersebut, dengan menggunakan fasilitas teknologi tersebut.
Perubahan sosial budaya dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap pendidikan. Perubahan dalam nilai-nilai, norma, dan praktik budaya dapat mempengaruhi bagaimana pendidikan disampaikan, diterima, dan diinterpretasikan oleh individu dan masyarakat. Berikut adalah beberapa dampak perubahan sosial budaya terhadap pendidikan (Hamdani, 2007):
Sumber:
Berry, D. (1995). Pokok-Pokok Pikiran dalam Sosiologi: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Bungin, B. (2007). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Fatah, R. A. (2005). Ilmu dan Teknologi Dalam Islam. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamdani, I. (2007). Fisafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Rahardjo. (2004). Pengantar Sosiologi Pedesaan Dan Pertanian. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.
Soerjono, S. (2003). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sztompka, P. (2004). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Pranada Media.
Zainuddin. (2010). Sosio-Antropologi Pendidikan SD. Malang: CV. Citra Malang.
AUTHOR
© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.