by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Dewi Luthfiana                 
531 1 2
Sosial dan Bisnis November 8 5 Min Read

BAGAIMANAKAH TINGKAT KEAMANAN DATA PRIBADI CUSTOMER YANG TERSIMPAN DI SISTEM MARKETPLACE???




Era ekonomi digital telah menjadi trend saat ini. Hadirnya berbagai aplikasi jual beli (marketplace) online menjadi pilihan utama masyarakat di era digital. Namun, di sisi lain, pernahkah anda memikirkan bagaimana tingkat keamanan data pribadi Anda yang terekam pada aplikasi marketplace?

Keamanan informasi pribadi menjadi pertimbangan penting yang harus diperhatikan saat melakukan registrasi di marketplace. Rizki Dewantara dan tim melakukan uji keamanan data pribadi customer ketika menggunakan aplikasi marketplace. Uji tersebut dilakukan dengan metode menyebarkan kuisioner yang disusun atas 16 pertanyaan, responden meliputi laki-laki dan perempuan yang aktif menggunakan aplikasi marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Bukalapak. 

Setelah mendapatkan data dari hasil kuisioner, langkah selanjutnya yaitu menguji hasil kuisioner berdasarkan jawaban setiap responden. 16 pertanyaan kuisioner tersebut dievaluasi menggunakan skala Guttman dimana pilihan jawaban menggunakan yes/true dan no/false. Berikut ulasan singkat hasil evaluasi dari kuisioner:

Setelah dilakukan analisis kuisioner, kemudian dibuat visualisasi data (data visualization) untuk menggambarkan hasil dari kuisioner yang memiliki persentase >80%. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan perspektif responden terhadap keamanan data customer ketika melakukan jual beli di marketplace.

 

Dari hasil visualisasi data tersebut dapat disimpulkan bahwa 85% customer melaporkan bahwa mereka percaya keamanan dari informasi pribadinya di aplikasi marketplace yang digunakan. Hal tersebut juga didukung dengan 77.5% customer merasa bahwa aplikasi marketplace yang mereka gunakan telah dilengkapi dengan tingkat perlindungan data pribadi yang tinggi. Namun, yang menjadi perhatian adalah ketika terjadi masalah pada keamanan data pribadi customer di aplikasi marketplace, dimana 85% konsumen melaporkan tidak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri berkaitan dengan informasi pribadinya.

Tulisan ini diadopsi dari artikel:

Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?user=Extvh0gAAAAJ&hl=id

Jurnal Mantik: https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/3018


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(1) Komentar

Image
Dedy Saputra Lubis 8 November 2022

Bermanfaat dan Komprehensif sekali 👍

Bagikan   

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.