Trending

Purnawan Pontana Putra                 
201 0 0
Acara Akademik December 8 5 Min Read

Pembuatan Eco Enzim dari Limbah Kulit Jeruk di Kelurahan Limau Manis Kota Padang




Telah dilakukan pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Farmasi Universitas Andalas, pada tanggal 24 November 2022. Kegiatan ini merupakan agenda kegiatan para dosen langsung ke masyarakat. Koordinator dari kegiatan pengabdian ini yaitu Dr. apt. Rustini, serta Sekretaris apt. Purnawan Pontana Putra, M.Si. Serta tim pelaksana Dr. apt. Salman Umar. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Kelurahan Limau Manis Kota Padang. 

 


 

Kegiatan ini meliputi pemberian edukasi kepada masyarakat karena belum mengetahui tentang Eco Enzim. Eco-Enzyme merupakan larutan/cairan multifungsi yang dihasilkan melalui proses fermentasi dari campuran sisa sampah organik (buah-buahan dan sayuran), gula merah tebu dan air. Pada awalnya sampah hasil limbah kulit buah dan sayuran oleh masyarakat langsung dibuang di tempat sampah tanpa diolah sedikit pun. Setelah diberi edukasi, masyarakat semakin sadar akan pentingnya pemanfaatan Eco Enzim. Kegiatan dilakukan dalam dua kali pertemuan, di mana kegiatan pertama yaitu pada hari rabu, tanggal 12 Oktober 2022 betempat di aula Kelurahan Limau Manis Kota Padang. 

Pertemuan pertama berisi pemaparan materi pengabdian oleh Dr. apt. Rustini, M.Si selaku ketua pengabdian pada masyarakat. Materi yang diberikan meliputi definisi eco enzim, wadah yang bisa digunakan untuk pembuatan Eco Enzim, pemilihan air, tips pemilihan gula yang digunakan untuk fermentasi, kategori sayur dan buah yang bisa digunakan serta bagaimana cara memanen eco enzim. Standarisasi Eco Enzim juga diajarkan pada hari pertama. Seperti pemanfaatan eco enzim untuk kesehatan, perawatan diri, pemanfaatan bagi lingkungan baik air, tanah dan udara.

Kegiatan kedua dilakukan pada tanggal 24 November 2022 di mana kegiatan ini lebih fokus pada pembuatan Eco Enzim. Pengambilan limbah kulit buah jeruk dilakukan pada Gedung Olahraga Kota Padang, limbah ini merupakan limbah hasil pembuatan minuman es jeruk, kemudian dipisahkan kulitnya lalu masing-masing kulit buah ditimbang sebanyak 3 kg dengan gula merah sebanyak 1 kilogram dan ditambahkan air sebanyak 10 liter air sumur. Kulit buah jeruk dipotong kecil-kecil menggunakan pisau atau gunting sebelum dicampurkan dengan gula merah dan air, serta digambungkan ke dalam ember plastik dengan tutup. Pada minggu pertama diaduk setiap hari menggunakan sendok kayu sampai dengan minggu ke 4. Minggu ke 4 sampai seterusnya dibiarkan sampai 3 bulan, dan Eco Enzim nantinya sudah dapat dipanen.

Purnawan Pontana Putra                 
201 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.