Trending

Nurul Jannah Lailatul Fitria                 
134 0 0
Sosial dan Bisnis December 26 7 Min Read

Program Ketahanan Pangan di Pekarangan Rumah dan Program Circular Economy Dengan 5R Daur Ulang Kertas




Permasalahan di lingkungan masyarakat seputar pada ketersediaan pangan dan keberadaan limbah. Kedua permasalahan ini selalu menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh masyarakat dan harus diatasi oleh pemerintah dengan cepat. Terutama pada masa endemi, masyarakat harus lebih kreatif untuk bangkit lebih cepat dan tumbuh lebih kuat. Perlu kerjasama pemerintah, masyarakat, dan pihak pendukung lainnya.

Solusi dari permasalahan pertama terkait kebutuhan pangan masyarakat, yaitu kurangnya kuantitas bahan makanan yang beredar di masyarakat. Sehingga adanya kelangkaan dan harga bahan pangan menjadi lebih tinggi. Hal ini dapat diatasi dengan program dan gerakan menanam tanaman di pekarangan rumah. Tidak hanya tanaman bunga, tapi dapat menanam tanaman obat, bumbu atau rempah, sayur, dan buah. Pekarangan rumah dapat dikelola sebagai media tanaman yang bermanfaat sebagai taman yang indah, apotek, pasar, lumbung, dan bahkan bank hidup. Masyarakat yang menerapkan program ini akan mendapatkan manfaat ketahanan pangan secara mandiri. Pemerintah dapat menggerakkan program satu tanaman satu rumah. Program ini dapat mengarahkan masyarakat untuk menanam tanaman minimal satu tanaman dan dianjurkan lebih banyak tanaman, metode tanam, bahan dan alat untuk menanam, dan arahan untuk perawatan. Sehingga program ini akan lebih maksimal, setidaknya sektor rumah tangga dapat mengatasi permasalahan ketahanan pangan pada sektor yang lebih kecil baik berupa bunga, obat, rempah, sayur, dan buah.

Solusi dari permasalahan kedua terkait keberadaan limbah, yaitu adanya kuantitas limbah di lingkungan masyarakat. Sehingga berdampak pada kualitas kebersihan lingkungan masyarakat. Hal ini dapat diatasi dengan adanya program dan gerakan circular economy dengan konsep 5R daur ulang. Salah satu limbah kertas juga menjadi permasalahan lingkungan, bahan baku kertas berasal dari pohon dan limbah kertas yang menumpuk berdampak pada kebersihan lingkungan.

Penggunaan kertas yang bijaksana dan hemat akan meminimalisir penebangan pohon serta dapat diorientasikan pada zero waste. Masyarakat yang menerapkan program ini akan mendapatkan manfaat pengelolaan kertas secara mandiri. Pemerintah dapat menggerakkan program 5R daur ulang kertas. Program ini dapat mengarahkan masyarakat untuk reduce, repair, reuse, recovery, dan recycle. Sehingga program ini akan lebih maksimal, setidaknya sektor rumah tangga dapat mengatasi permasalahan limbah kertas menjadi lebih menghemat penggunaan kertas dengan menggunakan dua sisi, menjadikan sebagai barang yang beralih fungsi, menjadi barang keterampilan, dan menjadi kertas daur ulang yang khas.

Kedua program ini dapat dilakukan bersamaan pada sektor rumah tangga. Solusi untuk ketahanan pangan secara mandiri di pekarangan rumah sekaligus perbaikan ekonomi secara sirkular dengan pengelolaan limbah kertas. Hasil yang melimpah dan berkualitas juga dapat dijual dan mendatangkan pemasukan tambahan. Sehingga tidak hanya dimanfaatkan secara internal dapat dijual di lingkup eksternal.

Nurul Jannah Lailatul Fitria                 
134 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.