by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Hima Gizi Unand                 
128 0 0
Acara Akademik November 13 5 Min Read

Edukasi Gizi tentang Isi Piringku dan Empat Pilar Gizi Seimbang




Dalam rangka acara edukasi gizi kepada masyarakat, PPK Ormawa Hima Gizi Unand membahas tentang Isi Piringku dan Empat Pilar Gizi Seimbang. Apa itu "Isi Piringku"? Isi Piringku mencakup beberapa poin penting, yakni:

  • Porsi makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi.
  • Pengganti konsep 4 Sehat 5 Sempurna.
  • 50% buah dan sayur, serta 50% sisanya karbohidrat dan protein.
  • Membatasi gula, garam, dan lemak dalam konsumsi sehari-hari.

Lantas, bagaimana pembagian porsi masing-masing zat gizi yang diatur dalam pedoman Isi piringku?

  • Sumber karbohidrat atau makanan pokok sebanyak 2/3 dari 1/2 piring (contohnya nasi, roti,gandum, dan ubi).
  • Sumber protein atau lauk-pauk sebanyak 1/3 dari 1/2 piring (contohnya ayam, ikan, telur, tahu, dan tempe).
  • Sumber vitamin, mineral, dan serat dari sayuran sebanyak 2/3 dari 1/2 piring dan buah sebanyak 1/3 dari 1/2 piring.

Contoh porsi makanan pada Isi Piringku adalah:

  1. Karbohidrat/Makanan Pokok
  • 150 gram Nasi = 3 centong nasi
  • 300 gram kentang = 3 buah sedang kentang
  1. Protein/Lauk Pauk
  • 75 gram ayam = 2 potong sedang ayam,= 1 butir telur ayam ukuran besar,=2 potong daging sapi sedang
  • 100 gram tempe = 2 potong sedang tempe
  1. Sayuran
  • Sayuran 150 gram sama dengan 1 mangkuk sedang
  1. Buah
  • 150 gram pepaya = 2 potong sedang
  • 150 gram jeruk =  2 buah jeruk sedang

Selanjutnya, "Empat Pilar Gizi Seimbang". Istilah ini sering kali terdengar dalam kehidupan. Empat pilar dalam konsep gizi seimbang yaitu:

  1.  Mengonsumsi makanan dengan beraneka ragam. Tidak ada makanan yang mengandung zat gizi dengan lengkap kecuali ASI untuk bayi 0-6 bln.  Oleh karena itu, perlu mengonsumsi makanan yang beragam untuk memenuhi semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh.
  2. Pola hidup aktif dan berolahraga. Aktivitas fisik merupakan upaya tubuh dalam menyeimbangkan keluar dan masuknya zat gizi. Selain itu,  dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh.
  3. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Tujuannya agar terhindar dari penyakit infeksi. Salah satu perilaku hidup bersih dan sehat yang dapat diterapkan yakni mencuci tangan dengan baik dan benar. Bahkan 45% penyakit diare bisa dicegah dengan mencuci tangan. 
  4. Menjaga berat badan ideal. Terjadinya keseimbangan gizi adalah memiliki berat badan yang normal dalam Indeks Masa Tubuh (IMT).

Editor:     Rezekinta Syahputra Sembiring                 

AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.