by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Muhammad Rayhan                 
427 0 2
Sosial dan Bisnis April 20 10 Min Read

MOONKNIGHT SUPERHERO DENGAN KEPRIBADIAN GANDA




Bulan April ini penggemar MARVEL di suguhi dengan hadirnya series Moonknight. Salah satu series yang unik dikarenakan membawa salah satu keaadaan yang di bawa oleh karakter utama yang berupa kepribadian ganda. Kepribadian ganda dalam series tayangan ini yang diperankan oleh karakter utama kita, Moonknight itu sendiri. Di awal series kita mengetahui bahwa karakter utama series ini bernama Steven Grant, pria yang berkerja di museum peninggalan Mesir kuno yang bertempat di London. Tetapi steven harus mengalami konflik yang tidak ia ketahui sama sekali. Semakin mengejutkan lagi bahwa karakter antagonis dalam series ini yang bernama Raoul Bushmant mengenalnya sebagai pembunuh bayaran. Steven yang tidak mengetahui apa-apa segera kabur dan terlibat dalam adegan pengejaran. Ketika dalam adegan Steven bertemu dengan Raoul, muncul suara misterius yang membuatnya kebingungan. Ia adalah Khonsu, Dewa bulan dari sejarah Mesir kuno yang mencibir Steven bahwa dia tidak berguna dan menyuruh Marc untuk menggantikan karakter Steven. Kondisi yang Steven alami semakin rumit ketika ia dikburu oleh sekelompok anak buah Raoul. Ia kerap kali tidak sadar dalam adegan ini, dan ketika dia sadar ia mengetahui bahwa dia sudah menghabisi anak buah Raoul satu-persatu.

Setelah rentetan masalah yang kita lihat di adegan tersebut, tiba-tiba kita diperlihatkan adegan dimana Steven terbangun panik di atas ranjang nya. Disini Steven menganggap bahwa kejadian yang dia alami tadi merupakan mimpi belaka. Tetapi Anggapan Steven tersebut terpatahkan ketika dia menyadari berbagai macam kejanggalan yang dia lihat, mulai dari ponsel yang dia temukan di balik tembok dan terdapat banyak panggilan tidak terjawab dari seseorang bernama Layla. Ketika Steven mencoba menelpon Layla, Layla mengucapkan nama yaitu Marc. Kejanggalan selanjutnya yaitu ketika Steven melihat wujud Khonsu di lorong apartemen nya. Lalu, hadirlah suara lain di kepala Steven. Ketika Steven mencari darimana Suara itu berasal, secara tiba-tiba pantulan tubuhnya di dalam cermin bergerak berbeda dengan Steven. Ia mengaku sebagai Marc Spector, salah satu kepribadian Steven yang mengambil alih tubuhnya untuk keselamatan tubuh Steven. Marc juga yang telah mengambil alih tubuh Steven ketika dia berada di dalam masalah kemarin.

Disini kita mengetahui bahwa Steven Grant yang kita kenal di awal series memiliki kepribadian lain yang bernama Marc Spector. Sebenarnya masih ada satu kepribadian yang dia miliki lagi yaitu, Jack Lockey yang belum ditampilkan dalam series Moonknight. Tetapi sudah banyak penggemar series ini yang mengatakan bahwa Jack Lockey sudah mengambil alih tubuh Steven di beberapa adegan yang tidak diperlihatkan. Kondisi yang dialami oleh karakter utama dalam series ini dikenali sebagai kepribadian ganda. Sangat unik ketika kita sebagai penonton mengetahui bahwa ada tiga tokoh utama dalam series ini yaitu, Steven Grant, Marc Spector, dan juga Jack Lockey. Dimana setiap ketiga kepribadian ini memiliki karakteristik yang berbeda.

Lalu, apa itu kepribadian ganda? Dan apakah ada di dalam kehidupan nyata. Dilansir dari Halodoc.com, kepribadian ganda adalah kondisi ketika seseorang memiliki dua atau lebih kepribadian yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Pengidap gangguan ini mengalami kondisi dimana ia tidak menyadari bahwa kepribadiannya berubah-ubah. Gangguan ini ditandai dengan gangguan memori, kesadaran, atau kepribadian, yang umumnya terpicu oleh stres, kejadian traumatis, atau bahkan keadaan tertentu. Adapun beberapa kasus kepribadian ganda yang terkenal di dunia yaitu, Judy Castelly, wanita yang memiliki 44 kepribadian, Shirley Mason yang mengaku bahwa dia berpindah tempat tanpa tahu bagaimana proses dia mengunjungi tempat tersebut, Bolly Milligan dengan 24 kepribadiannya,Juanita Maxwell yang membunuh tamunya tanpa dia sadari, dan Truddi Chase dengan 92 Kepribadiannya.

Stevent Grant sendiri mendapati kepribadiannya dari peristiwa traumatis dari masa kecilnya dan dibuat semakin parah ketika Khonsu hadir di dalam kepalanya dan memilih Marc Spector sebagai Avatarnya. Berbagai macam gejala yang dialami oleh tokoh utama akurat dengan apa yang memang dideskripsikan sebagai gejala kepribadian ganda. Diantaranya yaitu, kecemasan, depresi, suasana hati yang mudah berubah, depersonalisasi dimana ia merasa bahwa dirinya terpisah dengan tubuh dan pikirannya sendiri, derelisasi yaitu merasa lingkungann sekitarnya tidak nyata, gangguan tidur, halusinasi.

Berbagai macam gejala tersebut bisa kita lihat di dalam series Moonknight. Dimana Steven yang cemas dengan keadaan yang dia hadapi, depresi dengan rentetan kejadian yang belakangan ini dia sadari, kehadiran Marc yang membuat suasana hati Steven berganti, Depersonalisasi yang diperlihatkan bagaimana Steven berjaga-jaga jika dia mengalami keadaan yang tidak ia ketahui dengan cara mengikat kakinya di ranjang, menaruh pasir di sekitar ranjang, menempelkan solasi di pintunya, derelisasi dimana dia menganggap bahwa ketika dia berada dalam masalah dengan Raoul hanyalah mimpi belaka, gangguan tidur dimana diperlihatkan bagaimana steven berusaha menjaga konsentrasi nya sebelum tidur dan menyita sebagian waktu tidurnya, dan halusinasi Steven tentang kehadiran Khonsu di beberapa tempat.

Sangat unik sekali dengan apa yang series ini bawakan, dimana kita disuguhi tiga karakter berbeda yang berada dalam satu tubuh yang sama. Bagaimana jalan cerita series yang mengangkat tentang  gangguan kepribadian tokoh utama yang menjadi konflik tersendiri yang di hadapi oleh tokoh utama. Dan diangkatnya sejarah Mesir kuno sebagai landasan konflik utama dalam kisah Moonknight. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk mengikuti series ini?


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.