by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Tia Desvita Amril                 
352 0 0
Sosial dan Bisnis February 28 9 Min Read

7 Pelajaran Penting yang Tidak Boleh Telat Diketahui dalam Hidup




1. Perilaku Sehari-hari Anda Membentuk Siapa Anda di Masa Depan

Apa yang dilakukan hari ini berkontribusi besar dalam membentuk anda akan menjadi siapa di masa depan. Ketika Anda mengulangi tindakan yang sama selama seminggu, anda mulai membuat perubahan. Setelah sebulan melakukan hal yang sama, anda akan melihat perbedaan kecil.  Ketika anda mengulangi aktivitas itu selama satu tahun, dua tahun atau bahkan lima tahun, anda mungkin tidak lagi mengenali diri anda di masa lalu karena anda akan sepenuhnya berubah seperti perilaku yang sudah menjadi kebiasaan anda tersebut. Jangan meremehkan kekuatan satu kebiasaan kecil yang telah berulang dari waktu ke waktu. Perilaku anda untuk lebih baik atau lebih buruk membentuk siapa anda di masa yang akan datang.

2. Hasil Akhir Tidak Akan Pernah Lebih Memuaskan daripada Proses

Hasil akhir yang sesuai dengan tujuan memang hal yang memuaskan karena dari awal hal tersebut adalah tujuan anda. Namun hasil akhir yang anda dapatkan tidak akan pernah sepadan dengan gejolak emosional yang anda lalui untuk sampai pada tujuan akhir anda. Tujuan akhir akan menjadi tidak berarti jika anda tidak menikmati proses  yang anda lalui pada saat anda berusaha mendapatkan sesuatu. Pada saat berproses anda akan melalui banyak hal untuk dilakukan bahkan untuk pelajaran hidup yang dapat digunakan pada masa yang akan datang nantinya.

3. Anda Harus Segera Memulai Jika Anda Ingin Melakukan Sesuatu yang Anda Suka

Kebanyakan orang tidak bisa menghabiskan hidup mereka untuk  melakukan apa yang mereka sukai. Sebaliknya, mereka mengikuti instruksi atau saran dari orang tua, teman, orang-orang di sekitar mereka, bahkan mungkin mereka  tidak mengejar apa pun yang berarti bagi mereka. Hal ini disebabkan karena mereka tidak berani memutuskan untuk memulai atau merasa sudah terlambat untuk memulai. Namun jika anda ingin melakukan apa yang anda sukai, anda harus melihatnya sebagai kemewahan bukan sebuah keharusan. Tidak semua orang bisa menyadari hal ini dari awal dan tidak semua orang bisa memutuskan untuk melakukan apa yang mereka sukai. Jadi, jika itu yang anda inginkan anda harus mulai bekerja sekarang.

4. Bekerja Keras dan Bersenang-senang Harus Saling Kompatibel

Saya tidak pernah mengerti mengapa orang percaya bahwa tertawa menunjukkan kurangnya keseriusan tentang sebuah situasi. Padahal dengan kondisi ini ide-ide yang lebih baik mudah didapat karena kita telah membuat pikiran dalam kondisi yang positif . Namun tertawa yang berlebihan tidaklah baik. Pikiran terbaik datang saat anda bersenang-senang. Bersenang-senang ketika bekerja atau memecahkan masalah dapat membantu untuk terbuka terhadap peluang dan kemungkinan baru. Beberapa orang tidak pernah mempelajari hal ini sehingga mereka tumbuh rewel dan tua. Namun hidup adalah tentang bersenang-senang. Dan bersenang-senang tidak secara otomatis menyiratkan bahwa anda tidak "menyelesaikan sesuatu." Justru sebaliknya anda dapat bersenang-senang sembari menyelesaikan sesuatu dan mencapai lebih dari yang pernah anda bayangkan.

5. Kemarahan Umumnya Diikuti oleh Rasa Takut

Ketakutan adalah jalan menuju sisi gelap. Ketakutan melahirkan kemarahan, kemarahan melahirkan kebencian, dan kebencian melahirkan rasa sakit. Ketika kita menderita terutama untuk waktu yang lama, kita cenderung menyalahkannya pada sesuatu di luar diri kita sendiri bahkan pada sesuatu yang kita tidak suka atau benci. Jika kita bisa melewati sensasi itu, kita perlu menyadari bahwa di balik kebencian itu ada gemuruh kemarahan yang telah kita pegang terlalu lama. Tapi di balik itu semua selalu ada ketakutan seperti halnya fobia kehilangan, ditinggalkan, ketidakmampuan untuk melepaskan. Namun jika Anda bisa sampai pada titik menyadari ketakutan anda, anda lebih baik berusaha melihat sisi yang lebih ringan seperti kasih sayang dan anda akan dapat membuat kemajuan.

6. Menguasai Emosi Membutuhkan Pengalaman dan Keterampilan

Ketika kita memikirkan latihan, kita sering menyebutnya dalam hal keterampilan. Anda dapat berlatih bermain piano atau bahkan kalimba. Tetapi kenyataannya untuk menyadari bentuk emosional anda juga membutuhkan waktu dan usaha. Anda dapat melatih diri anda untuk menjadi rendah hati dan pemaaf. Kemarahan, kebencian, drama, dan konflik masing-masing dapat dikuasai jika anda melatih emosi dan kesadaran diri anda. Kegiatan yang anda lakukan secara sadar atau tidak sadar dengan berlatih dapat memperlihatkan emosi yang lebih baik. Anda tidak datang ke dunia ini dengan sikap negatif. Hal tersebut dapat dikendalikan dengan melatihnya melalui pengalaman yang sudah didapatkan sebelumnya.

7.  Setiap Orang Memiliki Rencana dalam Pikiran Masing-masing

Penting untuk diingat bahwa pada akhirnya, ini semua tentang anda. Kita semua memiliki impian, tujuan dan rencana seperti halnya keluarga, teman dan orang-orang terkasih kita. Kita semua memiliki pemikiran masing-masing. Ada orang-orang yang dapat anda percayai tetapi cara terbaik untuk tetap seimbang dan damai adalah dengan mengenali setiap orang memiliki tujuan mereka masing-masing. Orang lain berada di luar kendali anda. Anda tidak dapat mengharapkan mereka untuk memprioritaskan anda karena mereka memiliki kebutuhan mereka sendiri. Sebaiknya, buatlah titik untuk mengatasi dan membantu orang lain dalam mencapai tujuan mereka dan titik ketika anda meminta bantuan mereka dalam mencapai tujuan Anda. Ini akan memungkinkan untuk membuat hubungan lebih sederhana dan berjalan dengan benar.


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.