Trending

AKADEMISI                 
202 0 2
Acara Akademik July 15 3 Min Read

Fakultas Vokasi UNAIR Ingin Ikut Optimalkan Ilmu Terapan Bidang Kesehatan, Teknik, dan Bisnis di Era 4.0




Akademisi - Ilmu vokasi atau ilmu terapan adalah salah satu upaya perguruan tinggi dalam menyediakan Sumber Daya Manusia yang fokus menguasai keahlian dan keterampilan tertentu untuk siap bersaing di dunia kerja global.

Dunia sudah memasuki dan menjalankan era Revolusi Industri 4.0, di mana persaingan SDM di dunia industri menjadi semakin ketat. Meski sangat dibutuhkan, sayangnya pengembangan penelitian ilmu terapan masih belum optimal dengan dibuktikan kurangnya karya penelitian terapan yang dihasilkan.

Selain itu, konferensi ilmiah internasional juga belum terlalu banyak membahas hasil penelitian ilmu vokasi dan terapan. Padahal, penelitian ilmu terapan memiliki potensi inovasi yang besar jika dikembangkan dan dipasarkan pada masyarakat.

Agar kualitas SDM Indonesia bisa meningkat, Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Indonesia mengadakan konferensi internasional tahunan tentang inovasi vokasi dan ilmu terapan (ICVIAS). ICVIAS menyediakan forum ilmiah bagi para akademisi, peneliti, profesional, praktisi, dan mahasiswa pascasarjana untuk berbagi, berdiskusi, dan menyebarluaskan ide dan inovasi dalam ilmu terapan.

Memasuki tahun keempat penyelenggaraan, ICVIAS mengusung tema 'Enhancing Vocational Education and Research through Collaborative Work of Health, Engineering, and Business Fields'.

Ada tiga pilar besar yang akan menjadi fokus utama ICVIAS selaku konferensi ilmu terapan, yaitu Kesehatan, Teknik, dan Bisnis. Ketiga bidang tersebut sempat terkena dampak signifikan pandemi COVID-19 dan kini bangkit serta beradaptasi dengan perkembangan kondisi di Revolusi Industri 4.0.

ICVIAS IV akan berkontribusi terhadap perkembangan ilmu terapan ketiga bidang tersebut dengan menghasilkan inovasi, meliputi gagasan, karya, dan produk yang yang memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Keynote Speakers untuk ICVIAS IV adalah:

1. Prof. Dr. Said Ibrahim Abou El-Ella Shalaby
(National Research Center, Cairo, Egypt)
Topic: Vocational innovation in Education and Research Through Collaborative Work of Health, Engineering, and Business Fields in Indonesia and Egypt

2. Professor Akihiro Fujimoto
(The University of Tokyo, Japan)
Topic: Whole genome and transcriptome sequencing of human cancer using long-read sequencing technology

3. Associate Professor. Mahadi Bahari
(Universiti Teknologi Malaysia)
Topic: Ensuring Rigor in Qualitative Data Analysis

4. Associate Prof. Tamara Young
(University of Newcastle, Australia)
Topic: Sustainable Tourism Futures: An Educational Agenda

Konferensi ini sudah terbukti sukses menyalurkan gagasan dan karya bermanfaat selama tiga tahun sebelumnya. Pastikan Anda ikut berperan serta dalam kemajuan SDM Indonesia pada ICVIAS IV. Informasi selengkapnya bisa Anda akses di https://seminar.vokasi.unair.ac.id/ (niken/AKADEMISI)

AKADEMISI                 
202 0 2
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.