by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Hamid sakti wibowo                 
615 0 0
Sains dan Teknologi November 28 9 Min Read

Aplikasi Ruang Saintek, Informasi Seputar Sains dan Teknologi Terkini




Mengingat begitu besarnya dampak (pengaruh) membaca penemuan sains serta teknologi untuk bangsa Indonesia dan pemerataan pembelajaran sains di Tanah Air, maka butuh menggalakkan budaya literasi. Selain membaca buku maupun sumber tertulis yang lain, bisa juga membaca lewat gadget. Pasalnya, zaman teknologi kini kian canggih. Salah satu alternatif literasi lewat gadget adalah aplikasi Ruang Saintek.

Aplikasi satu ini merupakan penelusuran penemuan sains serta teknologi terkini sebagai usaha untuk menguatkan karakter generasi milenial yang kreatif, responsif, dan inovatif. Lewat aplikasi tersebut, harapannya mampu menguatkan cakupan literasi bangsa Indonesia terlebih pada generasi milenia.

Dengan begitu, mereka akan mempunyai pikiran dan juga ide yang kreatif. Selain itu, pembaca aplikasi ini juga bisa memberikan pengaruh positif untuk kehidupan lewat berbagai penemuan sains terbaru dan teknologi terkini.

Tentang Aplikasi Ruang Saintek

TIK terus mengalami perkembangan dan meningkat sejalan dengan bertambahnya kebutuhan manusia. Keberadaan teknologi informasi mampu mempermudah di dalam proses pembelajaran maupun menelusuri beraneka ragam informasi yang bisa Anda akses kapanpun dan di manapun.

Ya, dengan adanya teknologi informasi, membawa dampak yang positif guna memajukan peradaban manusia. Menilik dari hal tersebut, bersikap apatis pada perkembangan teknologi, bukanlah alternatif solusi yang bagus. Namun, pengoptimalan serta kecerdasan di dalam memanfaatkan teknologi informasi kian marak.

Beberapa developer aplikasi juga mempersiapkan berbagai usaha strategis guna mendorong pemanfaatan serta perkembangan teknologi digital supaya mendidik dan juga menguntungkan. Semakin banyaknya variasi media untuk pembelajaran, termasuk pada bidang sains serta teknologi merupakan salah satu bukti pemanfaatan teknologi informasi.

Aplikasi inovatif Ruang Saintek, termasuk alternatif solusi sebagai variasi media pembelajaran pada bidang sains dan teknologi. Aplikasi tersebut didukung oleh kemudahan akses internet saat ini. Sehingga, menjadikan pemakaian teknologi yang merupakan aplikasi bisa dioptimalkan sebaik mungkin.

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Ruang Saintek merupakan aplikasi yang berisikan mengenai berbagai informasi seputar perkembangan terkini pada bidang sains dan juga teknologi yang ada pada masa sekarang ini. Dengan adanya aplikasi Ruang Saintek ini, harapannya dapat membantu para akademisi, ilmuwan, praktisi, dan sebagainya di dalam memperoleh bahan informasi untuk melakukan penelitian.

Mulai dari seputar kimia, fisika, biologi, astronomi, gadget, teknologi Nano, komputer, kecerdasan buatan, dan lain sebagainya.

Akses Mudah dan Fitur Canggih

Ruang Saintek merupakan aplikasi yang membuka wawasan para kaum milenial dengan fitur penelusuran dari penemuan yang mengubah kehidupan di dunia yang mencakup sains serta teknologi. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa membaca serta mempelajari berbagai penemuan para saintis serta ilmuwan yang bergerak pada bidang sains serta teknologi.

Ruang Saintek berbentuk aplikasi mobile. Aplikasi mobile ini dipilih lantaran mampu memberikan user engagement maupun user experience yang lebih bagus ketimbang website. Aplikasi satu ini didesain secara minimalis dan sederhana. Dengan begitu pengguna bisa dengan mudah mengakses berbagai konten di dalamnya.

Di dalam aplikasi ini tersedia berbagai macam pilihan kategori yang kaitannya dengan sains terkini dan juga perkembangan teknologi mutakhir. Kategori-kategori yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan antara lain:

  • Agribisnis
  • Arkeologi
  • Kecerdasan buatan
  • Kesehatan
  • Lingkungan
  • Luar angkasa
  • Manajemen
  • Nutrisi
  • Perangkat lunak
  • Pertanian
  • Printer 3D
  • Robot
  • Sel induk
  • Virtual Reality

Cara Menggunakan Ruang Saintek

Untuk menggunakan aplikasi Ruang Saintek tentu saja Anda mesti mengunduh lalu menginstalnya terlebih dahulu di ponsel Anda. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Silahkan download Ruang Saintek di Google Play Store
  • Sesudah Anda unduh kemudian instal aplikasinya
  • Selanjutnya, bukalah Ruang Saintek
  • Untuk masuk ke Ruang Saintek pun cukup sederhana, bahkan Anda tidak memerlukan email dan password untuk login ke aplikasi tersebut
  • Pada halaman pertama Ruang Saintek Anda akan menemukan update berita terbaru seputar sains dan teknologi
  • Anda juga bisa mencari informasi yang Anda cari di bagian "kategori"
  • Untuk mempermudah pencarian informasi, Anda juga bisa memanfaatkan kolom pencarian yang berada di bagian atas
  • Selain itu, Anda juga bisa menambahkan informasi yang sekiranya penting ke bagian "Favorit"

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk mengakses aplikasi Ruang Saintek ini? Sesudah membaca informasinya, Anda juga bisa membagikan konten tersebut ke akun media sosial atau ke teman-teman Anda. Namun sayangnya, Ruang Saintek berisikan iklan yang mungkin sedikit mengganggu kenyamanan Anda.


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.