Trending

ibnunu                 
58 0 0
Opini Akademisi October 29 5 Min Read

Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan Tes IELTS




Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa di dunia yang hampir digunakan oleh seluruh negara. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang saat ini harus kita kuasai. Karena saat ini merupakan era keterbukaan di mana untuk menjalin hubungan internasional semakin mudah. Kita dapat melakukan transaksi jual beli, belajar, hingga mencari relasi baru dengan orang-orang dari luar negeri dengan sangat mudah. Sudah cukup banyak tersedia aplikasi berbasis internet yang bisa kita manfaatkan untuk bertukar informasi dengan masyarakat global. Akan tetapi apa jadinya apabila hal yang paling mendasar seperti bahasa sebagai alat komunikasi tersebut tidak kita kuasai. Tentu saja kita akan kewalahan dan alhasil tertinggal dengan pesatnya kemajuan dunia. Menguasai bahasa Inggris merupakan skill dasar yang harusnya setiap orang kuasai akhir-akhir abad ini.

Saat ini kita mengenal IELTS, yang merupakan singkatan dari “International English Language Testing System” IELTS sendiri merupakan sebuah uji untuk mengetes kompetensi berbahasa Inggris seseorang yang bahasa ibunya tidak mengenakan bahasa Inggris. seperti halnya negara kita Indonesia. Indonesia sendiri pada dasarnya merupakan negara dengan ragam bahasa yang cukup banyak di dunia, akan tetapi banyaknya bahasa tersebut tidak menjadikan salah satu dari bahasa tersebut mampu digunakan dalam kancah internasional. Pada IELTS akan ada standarisasi band score minimal yang harus diperoleh oleh para peserta ujiannya untuk dapat dikategorikan mampu menguasai bahasa Inggris. Banyak sekali manfaat yang akan kamu dapat dengan memiliki sertifikat IELTS: sertifikat IELTS dapat digunakan untuk keperluan melamar kerja dan juga melanjutkan studi ke luar negeri, sertifikat ini dapat juga digunakan untuk keperluan aplikasi beasiswa, dan masih banyak lagi manfaat yang akan kamu dapat dengan memiliki sertifikat IELTS. Untuk persiapan IELTS setidaknya kamu harus belajar satu atau sampai tiga bulan, hal ini agar kamu dapat memperoleh band score sesuai dengan apa yang kamu harapkan sebelumnya.

Berikut ini beberapa tips persiapan IELTS yang bisa kamu gunakan untuk konsisten dalam belajar:

Perbanyak perbendaharaan kosakata, belajar bahasa pasti tidak terlepas dari kosakata. Semakin banyak kosakata yang kita hafal di luar kepala maka akan semakin luwes kita dalam melafalkan bahasa tersebut. Tes IELTS akan terbagi ke dalam beberapa sesi, yaitu: listening, reading, writing, speaking. Pada tes speaking kamu akan berhadapan langsung dengan seorang penguji dan melakukan wawancara berupa perkenalan dan membahas topik random yang dipilih acak melalui kartu. Sementara pada tes listening dan reading kamu dituntut untuk bisa multitasking mendengarkan audio bahasa Inggris yang sedang diputar sembari menangkap topik yang sedang diminta dan menjawab pertanyaan yang ada pada lembar kertas. Pada sesi writing penguasaan kosakata dan istilah-istilah dalam bahasa Inggris merupakan kunci agar tes pada sesi ini berjalan lancar. Pada tes IELTS kamu juga dihadapkan dengan waktu yang cukup singkat hanya berkisar 30 hingga 60 menit persesinya. Dan tiap sesi akan dihitung dan diambil rata-ratanya maka apabila kamu hanya unggul pada satu sesi dan sesi lain hasilnya kurang memuaskan tentu akan berdampak pada perhitungan band score yang kamu dapatkan. Cara lain agar kamu cukup siap menghadapi tes IELTS adalah dengan cara sering berlatih mengerjakan contoh soal. Saat ini cukup banyak contoh soal tes TOEFL atau IELTS di internet yang bisa kamu gunakan untuk media belajar.

Jadi kurang lebih seperti itulah persiapan tes IELTS yang harus kamu upayakan agar band score yang kamu dapat bisa maksimal dan sesuai harapanmu. Apabila kesulitan dalam belajar secara individu kamu dapat mengambil kursus persiapan bahasa Inggris. Mengingat tes IELTS menggunakan accent United Kingdom British jadi untuk kamu yang belum terbiasa mendengarkan accent ini pasti akan sedikit kesulitan dalam memahaminya bahkan terdapat beberapa kosakata yang tidak sering digunakan secara umum akan tetapi British accent menggunakannya. Pada umumnya sertifikat tes IELTS diterima oleh institusi di Australia, Inggris dan Selandia Baru, apabila kamu ingin bersenang-senang sambil belajar bahasa Inggris accent Britania maka kamu bisa coba menonton film Harry Potter, Sherlock Holmes, Jhony English dan lain sebagainya.

 

Sumber artikel:

https://titiknolenglish.com/tips-persiapan-ielts-dengan-manajemen-waktu-yang-tepat/

ibnunu                 
58 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.