by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Oktaviana                 
1289 0 1
Sains dan Teknologi February 14 6 Min Read

VELCRO: Teknologi Terinspirasi dari Tumbuhan




Teknologi akan terus berkembang selama manusia masih mampu berpikir. Perkembangan teknologi dikarenakan banyak menghasilkan keuntungan bagi pembuatnya. Para peneliti akan terus mengembangkan teknologi seiring dengan perkembangan zaman agar bisa bermanfaat bagi manusia.

Berbagai inspirasi dari ide dan konsep yang peneliti dapatkan biasanya muncul dari keresahan manusia sehingga ada upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dan mendapatkan profit. Insipirasi bisa datang dari segala hal di dunia ini, salah satunnya adalah dari tumbuhan. Siapa sangka tumbuhan bisa dijadikan inspirasi dalam mengembangkan sebuah teknologi? Salah satu teknologi tersebut adalah VELCRO.

VELCRO

Description: C:UsersACERDownloadskiluaPengertian-Velcro-000.jpg                     Description: C:UsersACERDownloadskiluaburdock-dry-brown-seeds-royalty-free-thumbnail.jpg

Teknologi velcro ini terinsiprasi dari tanaman Burdock Burrs yang sering menempel pada bulu anjing. Tanaman tersebut membuat George de Mestral penasaran sehigga ia mempelajari bagaimana tanaman itu bisa menempel pada bulu. George de Mestral menggunakan mikroskop untuk melihat lebih detail tentang tanaman burrs, setelah itu didapatkan bahwa adanya kaitan pada ujung duri pada tanaman burrs yang membuatnya menempel dengan baik.

Pada tahun 1995, Mestral membuat inovasi teknologi yang terinsiprasi dari tanaman burrs bernama VELCRO. Velcro merupakan alat perekat yang dapat digunakan berkali-kali pada tas, baju, ataupun bahan non logam lainnya. Velcro terdiri dari dua komponen yaitu dua lembar velcro yang saling mengait jika digabungkan.


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.