Trending

Raid Muhammad Naufal                 
172 0 2
Sosial dan Bisnis December 11 8 Min Read

Pengalaman Mengikuti Program Pengenalan Lingkungan Kampus (PPLK) di Institut Teknologi Sumatera




Nama saya Raid Muhammad Naufal, saya merupakan mahasiswa baru angkatan 2022 pada program studi Sains Data di Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Program Pengenalan Lingkungan Kampus (PPLK) adalah acara penyambutan terbesar untuk mahasiswa baru yang diselenggarakan setiap tahunnya di ITERA. PPLK ITERA hadir menjadi akses utama bagi mahasiswa baru untuk mengawali perkuliahan, yang berupa kaderisasi awal terpusat yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (KM ITERA) untuk menyambut mahasiswa baru. Aktivitas ini diharapkan menjadi pengenalan, pembelajaran, menumbuhkan rasa kecintaan, dan kebanggaan terhadap almameter. Sesuai namanya, PPLK ITERA merupakan acara yang ditujukan untuk memperkenalkan kepada para siswa dalam perjalanan baru mereka, yaitu perjalanan menjadi mahasiswa.

PPLK yang dilaksanakan selama 7 hari, 1 hari acara Pra-PPLK, 1 hari acara Sidang Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), dan 5 hari acara PPLK. Pada acara PPLK tahun 2022 dilakukan pembagian kelompok sebanyak 163 kelompok yang berisi mahasiswa dari berbagai macam program studi yang ada di ITERA. Saya sendiri masuk ke dalam kelompok 23 (Sagares) yang diisi oleh mahasiswa dari berbagai macam program studi dengan jumlah anggota sebanyak 32 mahasiswa. Kelompok 23 memiliki pendamping kelompok dan mentor yang merupakan mahasiswa angkatan 2020 dan 2021. Pendamping kelompoknya adalah Kak Maulidya Ranti dari program studi Kimia dan mentornya adalah Kak Sinta Rani Firgianti dari program studi Farmasi.

Acara Pra-PPLK yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Agustus 2022. Pra-PPLK hanya diikuti beberapa mahasiswa baru saja. Saya dipilih untuk mewakili kelompok 23 pada acara Pra-PPLK bersama dengan beberapa teman dari kelompok 23. Acara Pra-PPLK dimulai dari jam 12.00-15.00 WIB. Pada acara ini, mahasiswa bekeliling kampus ITERA menuju beberapa checkpoint yang ada. Pada checkpoint, mahasiswa diberikan tantangan oleh panitia PPLK yang berada di checkpoint.

Sidang PMB yang telah dilaksanakan pada hari Senin, 15 Agustus 2022. Acara sidang PMB diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. Acara sidang PMB dimulai dari jam 05.30-17.00 WIB. Pada acara ini, mahasiswa berkumpul sesuai dengan program studi masing-masing. Mahasiswa berkumpul di Halaman Gedung Kuliah Umum (GKU) ITERA untuk mengikuti rangkaian acara Sidang PMB. Setelah Sidang PMB usai, mahasiswa berkumpul dengan kelompok PPLK yang telah dibagikan sebelumnya dan kemudian melakukan penanaman pohon di titik-titik yang telah ditentukan.

PPLK hari ke-1 dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Agustus 2022. Pada acara ini, mahasiswa berkumpul sesuai dengan kelompok masing-masing di Halaman GKU ITERA. Rangkaian acara yang dilakukan mulai dari parade dari himpunan yang ada di ITERA, dilanjutkan dengan Grand Opening PPLK 2022, dan kemudian pemaparan materi. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Madi, S.T., M.T. dosen program studi Teknik Sistem Energi yang memaparkan materi Mahasiswa Peduli Keterampilan Menulis. Materi kedua disampaikan oleh Kemahasiswaan ITERA yaitu Bapak Ir. Muhammad Abi Berkah Nadi, S.T., M.T., Bimbingan Konseling (BK) ITERA yaitu Ibu Eliza Dianasari S.Psi., dan Komisi Disiplin (KOMDIS) ITERA yang memaparkan materi tentang Belajar About Kemahasiswaan, Bimbingan Konseling, dan KOMDIS. Materi ketiga disampaikan oleh Bapak Dr. Rahmat Kurniawan, S.Si., M.Si. yaitu ketua PTPB yang memaparkan materi tentang Program Tahap Persiapan Bersama, dan banyak materi lainnya.

PPLK hari ke-2 dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Agustus 2022. Pada acara ini, mahasiswa baru melaksanakan upacara HUT RI ke-77. Setelah itu mahasiswa baru diberikan pemaparan materi. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Letkol Inf Dr. Drs. Imam Syafe'i, S.H., M.H. yang memaparkan materi tentang Kepemimpinan dan Bela Negara.  Materi kedua disampaikan oleh Bapak AKBP Abdulrahman Napitupulu, S.H., M.H. yang memaparkan materi tentang Radikalisme dan KKN, dan masih banyak materi lainnya.

PPLK hari ke-3 dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Agustus 2022. Pada acara ini, mahasiswa baru berkumpul sesuai dengan program studi masing-masing dan diberikan pemaparan materi mengenai pengenalan mengenai program studi masing-masing. Saya dan teman-teman program studi Sains Data berkumpul di Gedung F ITERA. Setelah pengenalan mengenai program studi masing-masing, mahasiswa baru berkumpul di Halaman GKU ITERA untuk menerima materi lainnya dan mengikuti rangakaian acara pada hari ke-3.

PPLK hari ke-4 dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Agustus 2022. Pada acara ini, mahasiswa baru berkumpul sesuai dengan kelompok PPLK. Mahasiswa baru berkumpul di Lapangan Sepak Bola ITERA. Tetapi pada hari ke-4 ini acara tidak dapat berjalan sesuai dengan rangkaian yang telah dibuat dikarenakan cuaca hujan. Karena seharusnya pada hari ini acara yang dilakukan adalah papermob, namun cuaca hujan deras. Sehingga pada PPLK hari ke-4 acara dibatalkan.

PPLK hari ke-5 dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022. Pada acara ini, mahasiswa baru berkumpul di Halaman GKU ITERA. Pada hari ke-5 acara yang dilakukan adalah closing ceremony dan kemudian ditutup dengan CUI yang merupakan malam puncak PPLK. CUI dilakukan di Halaman Labtek 2 ITERA. Pada acara CUI terdapat booth dari himpunan dan UKM yang terdapat di ITERA dan juga penampilan dari berbagai UKM yang ada. Selain itu terdapat bintang tamu yang tampil pada malam CUI seperti Budi Doremi. Sekian pengalaman dari saya selaku penulis, terima kasih.

Raid Muhammad Naufal                 
172 0 2
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.