by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Rezekinta Syahputra Sembiring                 
254 0 8
Opini Akademisi January 13 9 Min Read

ASSISTANCE IN IMPROVING THE QUALITY OF FINANCIAL MANAGEMENT OF THE OYSTER MUSHROOM BUSINESS FOR THE DISABLE PERSONS AT DPO RESTU ABADI PURWOREJO




Hesti Respatiningsih1 , Nur Siyami1, Rizki Dewantara2, Dewi Chirzah3, Arkan Salsabila Asegaf1, Hilda Nova Indira1

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rajawali, Purworejo, Indonesia
  2. Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Bhakti Putra Bangsa Indonesia, Purworejo, Indonesia
  3. Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo, Indonesia

Pertimbangan literasi keuangan sebagai kebutuhan dasar dapat menghindari terjadinya permasalahan keuangan. Literasi keuangan merupakan pemahaman atau pengetahuan yang berkaitan pengelolaan keuangan (Izzah, 2021). Kesalahan dalam pengelolaan keuangan dapat menimbulkan kesulitan keuangan seperti tidak adanya perencanaan keuangan sehingga keterbatasan pemahaman mengenai keuangan menjadi salah satu faktor yang dapat menghambat keberlangsungan usaha (Siyami dan Rusmiyatun, 2023; Yushita, 2017).

Pada kenyataannya, pemahaman tingkat literasi keuangan di kalangan masyarakat khususnya penyandang disabilitas masih rendah. Penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan masyarakat umum dalam hal layanan keuangan. Pemanfaatan digitalisasi keuangan sangat diperlukan oleh penyandang disabilitas agar mereka mampu untuk berkarya dan berwirausaha (Humas Direktorat Rehsos Penyandang Disabilitas, 2022; Prabowo, 2015). Permasalahan disabilitas merupakan persoalan lintas sektoral yang memerlukan penanganan komprehensif dan multisektoral. Pembangungan pendidikan dan infrastruktur yang mendukung literasi keungan erat kaitannya dengan pengambilan keputusan keuangan dan perilaku pengelolaan keuangan yang berkualitas bagi penyandang disabilitas.

Organisasi Penyandang Disabilitas (DPO) Restu Abadi Kabupaten Purworejo merupakan salah satu kelompok penyandang disabilitas yang berada di wilayah Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo yang beranggotakan 22 orang. Anggota DPO Restu Abadi terdiri dari penyandang berbagai disabilitas seperti polio, disabilitas intelektual, disabilitas fisik, cerebral palsy dan disabilitas ganda. Sebagian anggota DPO merupakan penyandang disabilitas sejak masa kanak-kanak, sementara sebagian lainnya mengalami disabilitas karena kecelakaan atau penyakit. Kegiatan yang dilakukan oleh DPO Restu Abadi yaitu budidaya jamur tiram, produksi gula jahe, pembuatan keripik kentang dan pertanian sayuran hidroponik.

Kelompok usaha budidaya jamur merupakan salah satu usaha DPO Restu Abadi yang menjadi mitra kegiatan Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) di Kabupaten Purworejo. Kelompok usaha ini terdiri dari delapan orang anggota yang mempunyai tanggung jawab yang berbeda-beda, yaitu tiga orang bertanggung jawab mengelola jamur tiram segar, dua orang bertanggung jawab memproduksi jamur tiram renyah, satu orang bertanggung jawab memproduksi kayu gelondongan jamur, dan dua orang lainnya bertanggung jawab atas produksi jamur tiram renyah. Budidaya dan pengolahan jamur tiram memiliki potensi yang dapat dikembangkan secara berkelanjutan karena budidaya dan pengolahan amur tiram yang mudah dan gampang dilakukan oleh penyandang disabilitas.

Pada saat ini, tim pengusul kegiatan program PMP sedang memprioritaskan peningkatan literasi, inklusi keuangan dan pengelolaan harga jamur tiram kepada penyandang disabilitas sebagai upaya meningkatkan keteramrampilan dan kemandirian finansial penyandang disabilitas. Kegiatan usaha budidaya jamur Restu Abadi pada tahun 2016 hingga akhir tahun 2022 berkembang pesat yang signifikan. Pada tahap awal usaha ini, terdapat 400 karung bibit jamur yang menghasilkan panen harian sekitar 150 gram. Sebelumnya, tim PMP telah memberikan pendampingan kepada kelompok usaha jamur tiram DPO Restu Abadi yang berfokus pada pengelolaan SDM, perbaikan kemasan dan labelisasi, serta peningkatan kapasitas produksi jamur tiram.

Salah satu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang harus dikembangkan untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Purworejo adalah usaha jamur DPO Restu Abadi yang berfokus pada perdagangan, industri, serta potensi pariwisata dan seni budaya. Namun, UMKM masih mengalami berbagai tantangan selama proses perkembangannya. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu menunjukkan UMKM menghadapi masalah dalam pengelolaan usaha, akses informasi, pemasaran, dan pembiayaan (Ningsih, 2021). Kegiatan UMKM harus mendapat perhatian yang lebih besar untuk mendorong pertumbuhan dan indikator mobilitas UMKM. Pada revolusi industri ke-empat (4.0), pelaku UMKM baik kelompok ataupun komunitas dapat beradaptasi dan berinovasi dengan baik melalui program pelatihan dan bimbingan yang diberikan pemerintah. Menurut Ningsih et al. (2020) melalui program pelatihan dan bimbingan tersebut, UMKM dapat menjadi unggul untuk berkembang dan lebih kompetitif khususnya pada usaha jamur tiram yang dijalankan oleh kelompok penyandang disabilitas DPO Restu Abadi Purworejo.

Melalui mitra usaha jamur tiram DPO Restu Abadi Purworejo, program PMP tela menghasilkan beberapa hasil yaitu:

  1. Perbaikan kualitas pencatatan harga

Penanganan masalah keuangan telah dilakukan melalui beberapa kegiatan yaitu 1) pendampingan dalam penyusunan perencanaan keuangan pada kelompok usaha jamur tiram DPO Restu Abadi untuk menentukan tujuan finansial yang ingin dicapai seperti peningkatan pendapatan, pengurangan biaya operasional atau pengembangan bisnis. 2) menganalisis keadaan finansial dimana Mitra bekerja sama dengan tim pelaksana PMP STIE dalam pengumpulan data dan informasi tentang aset, kewajiban dan arus kas saat ini sebagai evaluasi keadaan keuangan secara keseluruhan dan mengidentifikasi area-area yang perlu dioptimalisasi. 3) merumuskan rencana aksi untuk mencapai tujuan finansial melalui strategi pengelolaan kas, investasi modal kerja, dan pengendalian biaya operasional dengan mempertimbangkan risiko yang akan terjadi serta membuat rencana untuk mengatasi masalah tersebut seperti kekurangan bahan baku, kenaikan biaya kemasan dan kelangkaan bahan baku untuk pembuatan baglog jamur tiram. 4) penyusunan perencanaan keuangan usaha dimana ketua kelompok DPO Restu Abadi dan tim pelaksana akan memantau dan mengevaluasi kinerja keuangan secara berkala setiap bulan dan melakukan penyesuaian jika diperlukan. Hasil dari pendampingan penyusunan perencanaan keuangan adalah dokumen perencanaan keuangan usaha jamur tiram DPO Restu Abadi Purworejo.

  1. Pendampingan penyusunan laporan keuangan

Analisis data keuangan usaha jamur tiram DPO Restu Abadi adalah langkah pertama dalam pendampingan penyusunan laporan keuangan. Tim pelaksana menganalisis neraca, laporan laba rugi dan arus kas yang bertujuan untuk mengetahui kondisi finansial perusahaan secara keseluruhan. Langkah selanjutnya adalah penyusunan laporan keuangan yang dilakukan oleh DPO Restu Abadi berdasarkan standar akuntansi yang diberikan oleh Tim pelaksana PMP dalam 3 tahun terakhir.

  1. Pembuatan aplikasi penetapan harga dan laporan keuangan

Sistem Informasi Manajemen Keuangan (SIMAKE) adalah aplikasi yang digunakan dalam penetapan harga dan pembuatan laporan keuangan yang membantu anggota mencatat aktivitas transaksi keuangan dengan mudah dan cepat. SIMAKE adalah aplikasi literasi keuangan berbasis seluler yang dapat digunakan oleh semua orang mulai dari pemilik bisnis hingga perorangan dengan cara mengunduh di playstore. Aplikasi SIMAKE meliputi input transaksi, penentuan harga pokok produksi, penentuan harga produk dan pencatatan keuangan harian. Keunggulan dari SIMAKE adalah pelaku usaha dapat menentukan harga produk dan laba yang diperoleh. Kehadiran aplikasi SIMAKE diharapkan dapat dimanfaatkan dan memberikan edukasi dan pendampingan literasi, inklusi keuangan dan manajemen harga untuk meningkatkan pengelolaan keuangan dan membantu UMKM menjadi mandiri secara finansial.

  1. Pelatihan dan pendampingan aplikasi pengelolaan keuangan

Memberikan instruksi menyeluruh tentang cara memulai log ke aplikasi, mengidentifikasi menu dalam aplikasi SIMAKE dan membantu menginput data keuangan. Anggota DPO Restu Abadi dapat menggunakan aplikasi SIMAKE untuk melacak pendapatan, pengeluaran dan aliran uang dengan lebih efisien. DPO Restu Abadi dapat menurunkan biaya atau meningkatkan pendapatan, meningkatkan profitabilitas dengan bantuan SIMAKE. Kegiatan pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi keuangan berjalan dengan baik. Aplikasi ini digunakan oleh Mitra DPO Restu Abadi untuk mencatat transaksi usaha dan menentukan harga produk.

  1. Edukasi strategi penetapan harga

Tim pelaksana PMP mengajarkan DPO Restu Abadi menggunakan aplikasi SIMAKE untuk menentukan harga jual dan menghitung keuntungan dari usaha jamur tiram. Selanjutnya, DPO Restu Abadi diberi bantuan berupa organizer wallet dan mesin label harga untuk mempermudah pengaturan keuangan dan memudahkan mereka membuat label harga untuk produk jamu. Hasilnya mitra dapat menentukan harga dengan pasti yaitu harga jual eceran jamur mentah adalah Rp. 13.000,- per kg dan harga jual eceran jamur krispi sebesar Rp85.000,- per kg. Selain itu selama bulan Agustus sampaidengan Oktober 2023 tercatat pendapatan mitra meningkat dari Rp. 9.588.000,- menjadi Rp. 13.856.100,-. Kegiatan pelatihan dan pendampingan berjalan dengan baik yang ditandai dengan antusiasme tingginya peserta. Peserta mulai mencatat transaksi dengan disiplin dan bertanggung jawab karena memiliki metode dan alat yang baik dan mudah.

  1. Edukasi literasi dan inklusi keuangan

Pelatihan dan pendampingan digunakan untuk mengatasi kekurangan pemahaman dan infrastruktur tentang literasi dan inklusi keuangan. Pelatihan diberikan melalui pendekatan ceramah interaktif yang menggunakan proyektor untuk menampilkan tayangan visual yang diselingi dengan permainan yang terdiri dari kertas permainan yang menunjukkan perbedaan antara kebutuhan dan keinginan dipandu oleh Bapak Nur Edi Cahyono, SE, M.Ak seorang akademisi dan praktisi yang berkompeten di bidang literasi keuangan. Kegiatan tersebut bertujuan mengajarkan peserta untuk mengidentifikasi dan memahami mengenai kebutuhan bukan keinginan, serta mampu mengambil keputusan dalam pengelolaan sehingga alokasi keuangan kelompok usaha lebih tepat sasaran.

Untuk mengukur tingkat pemahaman mintra mengenai pelatihan tentang literasi keuangan maka dilakukan pre-test dan post-test. Untuk materi tentang bahasa pembentukan aset usaha, nilai pre-test peserta dengan kategori tinggi sebesar 30% dan post-test menjadi 100%, nilai pre-test kaidah manajemen keuangan usaha sebesar 25% dan post-test peserta dengan kategori tinggi sebesar 87,5%. Cara menabung pada pre-test hanya sebesar 30%, pre-test cara-cara menabung sebesar 37,5% dan post-test menjadi 100%, pre-test mengkaji kebutuhan dana darurat mencapai 25% dan post-test menjadi 87,5%, post-test materi menyusun perencanaan keuangan usaha dan membuat penganggaran usaha kelompok mencapai 87,5% dan post-test cara menyusun peta keuangan usaha mencapai 75%.

Ibu Maria Christina, S.TP selaku manager lembaga keuangan Credit Union Angudi Laras Purworejo, seorang praktisi yang berkompeten dibidang literasi dan inklusi keuangan turut memberikan Pelatihan dan pendampingan inklusi keuangan dengan metode ceramah, diskusi dan praktik yang menarik sehingga peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti setiap materinya. Pada pelatihan ini, peserta memperoleh akses ke produk keuangan yang tepat seperti pinjaman usaha, tabungan, asuransi dan kemudahan pembayaran (pulsa, listrik dan PDAM) di CU Angudi Laras Purworejo. Selain itu, CU Angudi Laras Purworejo menawarkan layanan pemasaran bersama komunitas JO KEMENTHUS sehingga peserta dapat mempertimbangkan faktor-faktor seperti keterjangkauan lokasi, biaya, waktu, sistem teknologi, mitigasi risiko dalam setiap transaksi atau akses keuangan yang dilakukan.

Daftar Pustaka

Humas Direktorat Rehsos Penyandang Disabilitas. (2022). Keuangan Inklusi, Perluas Akses Jasa Keuangan bagi Penyandang Disabilitas. https://kemensos.go.id/

Izzah, N. (2021). Edukasi untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah di Desa Huta Raja, Kabupaten Mandailing Natal. Community Empowerment, 6(3). https://doi.org/10.31603/ce.4453

Ningsih, H. R. (2021). Kajian Manajemen Harga Sebagai Upaya Untuk Mendorong Keuntungan UMKM Gula Kelapa Di Masa Pandemic Covid-19. Segmen: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(3), 417–429. https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i3.7485

Ningsih, H. R., Arini, A., & Kurniawan, B. (2020). Kemampuan Adaptasi UMKM di Era Revolusi Industri 4.0. Segmen: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 99–113. https://doi.org/10.37729/sjmb.v16i2.6365

Prabowo, A. (2015). OJK Gelar Edukasi Keuangan bagi Penyandang Disabilitas dan Peningkatan Kapasitas bagi Pelaku Usaha Jasa Keuangan. https://ojk.go.id/

Siyami, N., & Rusmiyatun. (2023). The Effect of Technology Literature, Financial Literature and Financial Technology on the Financial Performance of MSMEs in Purworejo Regency Moderated by Financial Inclusion. Proceedings of the 3rd Borobudur International Symposium on Humanities and Social Science 2021 (BISHSS 2021), 942–947. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-49-7_159

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330

Link DOI: https://journal.unimma.ac.id/index.php/ce/article/view/10349


Editor:     Rezekinta Syahputra Sembiring                 

AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.