Trending

dr. Dito Anurogo, M.Sc.                 
245 0 0
Acara Akademik February 13 5 Min Read

Seni Memahami Keadilan (Bagian 7)




Seni Memahami Keadilan (Bagian 7)

 

Klasifikasi Buku

Buku A Theory of Justice terdiri dari tiga bagian besar yakni teori, institusi dan tujuan. Setiap bagian terdiri dari tiga bab seperti digambarkan berikut ini.

Bagian teori terbagi menjadi tiga bab, yakni: keadilan dan fairness, prinsip-prinsip keadilan, dan original position. Bagian institusi, terbagi menjadi tiga bab, yakni: kebebasan setara untuk semua, distribusi, kewajiban dan pewajiban. Bagian tujuan-tujuan terbagi menjadi tiga bab, yakni: yang baik dan yang rasional, makna keadilan, kebaikan dan keadilan.

Keadilan Sosial dan Masyarakat yang Tertata Secara Baik (well ordered society)

Rawls mengulas alasan mengapa persoalan keadilan itu muncul dengan cara menghubungkan syarat-syarat subjektif dan objektif hidup manusia. Salah satu syarat objektif pembicaraan tentang keadilan menurut Rawls adalah keterbatasan resources yang hanya dapat diminimalisasi namun tidak dapat dihilangkan sama sekali lewat kerja sama.

Adapun syarat subjektif persoalan keadilan adalah egoisme. Artinya setiap individu selalu mengutamakan kepentingan dan tujuan-tujan sendiri dan mengabaikan kepentingan dan tujuan dari orang lain. Sementara di satu sisi, syarat-syarat objektif keadilan menciptakan kemungkinan bagi setiap individu untuk merasa tertarik bekerja sama dengan yang lain. Di sisi lain, syarat-syarat subjektif menciptakan kondisi di mana eksistensi komunitas selalu berada dalam bahaya karena kepentingan-kepentingan individu dalam distribusi benefits dari kerja sama selalu bertabrakan.

Jadi, persoalan mendasar dalam pembicaraan tentang keadilan dapat dirumuskan demikian. Individu-individu yang egoistis mengajukan tuntutan-tuntutan yang bertentangan satu sama lain atas hasil yang terbatas namun sangat penting dari proses kerja sama, di mana setiap individu berkepentingan pada realisasi hasil kerja sama tersebut. (Dinarasikan ulang oleh Dito Anurogo dari paparan Frater “Otto Gusti Madung” dari STFK LEDALERO melalui forum virtual “Kuliah Philojustice” di hari Ahad, 13 Februari  2022, pukul 20.00 – 22.00 WIB)

 


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +818020532438
Email: brc.inbio@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.