by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Oktaviana                 
1636 0 1
Sains dan Teknologi February 27 5 Min Read

Medan Magnet Bumi sebagai Petunjuk Arah Hewan




Pemanfaatan kemagnetan bumi banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu manfaat yang menggunakan medan magnet bumi adalah sistem navigasi atau penunjuk arah pada perusahaan penerbangan maupun pelayaran. Tidak hanya pesawat, hewan juga memerlukan navigasi untuk melakukan perjalanan saat mencari makan. Lalu bagimana sistem navigasi hewan menggunakan magnet bumi?

Hewan sebenarnya memiliki magnet di dalam tubuhnya sehingga membantunya dalam mendeteksi medan magnet bumi. Dari sinilah sebagian hewan memanfaatkan kemagnetan bumi dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan sistem navigasi.

Medan magnet bumi sendiri merupakan daerah di mana di sekitar bumi masih dipengaruhi oleh gaya tarik bumi yang berdampak pada mahkluk bumi, termasuk hewan. Beberapa hewan yang memanfaatkan kemagnetan bumi dalam kelangsungan hidupnya, baik navigasi atau mencari penghidupan adalah sebagai berikut.

  1. Navigasi pada Penyu

Penyu mempunyai kemampuan untuk bernavigasi dan bermigrasi dengan jarak yang cukup jauh mencapai 3000 kilometer dengan waktu yang tidak terlalu lama yaitu sekitar 58 – 73 hari. Dikutip dari National Geographic penyu melakukan navigasi dengan merasakan garis medan magnet yang tidak terlihat. Proses ini mirip dengan manusia dalam menentukan koordinat melaui garis lintang.

  1. Navigasi pada  Ikan Salmon

Salmon melakukan migrasi sama seperti ikan hiu untuk menetaskan telurnya di tempat paling potensial sebagai tempat kelahirannya. Mereka akan bermigrasi dengan berenang dengan jarak yang sangat jauh. Salmon akan menggunakan bantuan sensor geomagnetik yang memanfaatkan medan magnet bumi untuk melakukan navigasi. Sensor tersebut akan membantu salmon dalam mendeteksi medan magnet dan memetakan jalur untuk bermigrasi.


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.