by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Naufal Maarif                 
251 0 1
Sosial dan Bisnis August 5 5 Min Read

BERSAMA DENGAN AWARDEE MEXT-JAPAN SCHOLARSHIP ASAL TAMBUN DI BRC-INBIO STAR #6




BRC-INBIO STAR (Sharing and Telling About Research) merupakan program rutin yang digagas oleh Bioinformatics Research Center-INBIO Indonesia. BRC-INBIO STAR #6 kali ini menghadirkan salah satu peneliti asal Indonesia yang sedang belajar di Tsukuba University, Japan. Nurani Istiqamah merupakan salah satu peneliti Indonesia asal Tambun Bekasi, yang sedang belajar di Jepang dengan MEXT-Japan Scholarship. Salah satu beasiswa yang cukup bergengsi dan dikeluarkan secara langsung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT).

Sebagai informasi tambahan, Ibu Nurani Istiqamah saat ini memiliki fokus riset pada Micro RNA di Departement of Endocrinology and Metabolism, Faculty of Medicine, Tsukuba University. Ibu Nurani saat ini berada di bawah payung riset Prof. Hitoshi Shimano & Prof. Takashi Matsuzaka. Ibu Nurani Istiqamah atau biasa disapa dengan Kak Rani membagikan pengalamannya pada Sabtu, 5 Agustus 2023 mengenai riset beliau dengan topik “Understanding Gene Post-transcriptional Regulation by microRNA". Untuk lebih lanjut artikel beliau dapat dibaca pada link ini (https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/37082255/).

Narasumber memulai pemaparan materi dengan menceritakan sedikit terkait fokus riset beliau dan artikel terbaru yang beliau tulis bersama dengan promotor dan rekan-rekan peneliti. Judul riset beliau yang berjudul “Identification of key microRNAs regulating ELOVL6 and glioblastoma tumorigenesis”. Narasumber juga menjelaskan peran dari Lipid di dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi dalam transkripsi MicroRNA (miRNA). Penulis juga menjelaskan secara sederhana dengan menggunakan video animasi terkait bagaimana proses terbentuknya miRNA.

Narasumber mulai masuk ke dalam inti pembahasan pada artikel yang beliau tulis. Beliau menjelaskan terdapat banyak dari jenis MiRNA yang berperan dalam regulator gen ELOVL6. Secara khusus, narasumber memaparkan bahwa beberapa mikroRNA dapat menurunkan ekspresi ELOVL6 dengan berinteraksi langsung dengan mRNA-nya, dan bahwa mikroRNA ini dapat menekan proliferasi sel dan migrasi dalam sel glioblastoma. Seperti contoh seperti miR-135b-5p dan miR-135a-5p dapat menekan ekspresi gen ELOVL6 dalam sel glioblastoma. Presentasi kemudian ditutup dengan kesimpulan narasumber yang mengatakan bahwa masih terdapat beberapa batasan pada riset ini. Seperti contoh MiRNA merupakan salah satu komponen yang kurang stabil, sehingga masih menjadi sebuah tantangan bagaimana cara meningkatkan ke-stabilan dari MiRNA ini.

Secara umum, acara ini berlangsung dengan sangat baik dan mendapatkan antusias yang luar biasa dan beragam dari para peserta. Banyak dari peserta di Indonesia yang merupakan peneliti ternyata memiliki interest/minat riset ke arah tersebut. Beberapa pertanyaan dari peserta dan juga membagikan sharing pengalamannya terkait irset pada bidang ini. Peserta juga diberikan kesempatan oleh pihak BRC-INBIO untuk dapat memberikan masukan dan saran materi terkait acara ini. Acara seperti ini tentunya akan terus dilaksanakan untuk menambah pengetahuan, pengalaman, serta kolaborasi sesama peneliti nasional dan internasional. Hal ini tentunya dengan tujuan kemajuan di dalam bidang biologi molekuler terkhusus di Indonesia.  


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.