by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Muspita sari                  
574 2 3
Acara Akademik April 6 3 Min Read

PENYEBARAN JURUSAN SECARA MERATA ADALAH TRIK LULUS SNBP SMAN 2 PLUS PANYABUNGAN




Seleksi Nasional berdasarkan prestasi (SNBP), SMAN 2 PLUS PANYABUNGAN berhasil meluluskan 37 siswa dari 66 siswa eligible masuk Perguruan Tinggi Negeri,  yang artinya mampu meloloskan sebanyak 65% dengan cara penyebaran jurusan secara merata. Hal tersebut sesuai dengan pengumuman resmi di laman SNBP kemdikbudristek RI. Pada selasa 28 Maret 2023 Pada jalur SNBP pemerintah memberikan peluang kepada siswa yang mempunyai prestasi akademik yang didasarkan pada nilai raport semester 1 sampai 5.

Setiap tahunnya guru guru SMAN 2 PLUS PANYABUNGAN mengadakan evaluasi usai pengumuman SNBP untuk mengetahui dimana letak kesalahan dalam mengarahkan siswa eligible. Dan hasil evaluasi SNBP 2022 adalah penyebaran jurusan yang tidak merata sehingga banyaknya siswa yang memilih jurusan yang sama dengan universitas yang sama sehingga terjadi persaingan antar siswa.

“Penyebaran jurusan secara merata bagi siswa eligible sangat perlu dilakukan,  hal ini akan mengurangi ketidak lolosan SNBP karena tidak ada siswa yang memilih jurusan yang sama dengan universitas yang sama sehingga tidak terjadi persaingan antar siswa,” ujar wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Rini Eka Setiani ,M.Pd .

Jumlah siswa yang lulus SNBP tahun ini meningkat signifikan dibanding tahun lalu. Dimana tahun 2022  hanya ada 13 siswa yang lulus SNBP. Dengan banyaknya siswa SMAN 2 PLUS PANYABUNGAN  yang lulus SNBP 2023 menunjukkan keberhasilan peran sekolah dan membawa nama baik sekolah serta orang tua dalam membimbing dan memotivasi siswa.

“Kita berharap ke depan semakin banyak siswa  SMAN 2 PLUS PANYABUNGAN yang lulus masuk perguruan tinggi favorit, diharap bagi yang lulus SNBP tahun ini tidak menyia-nyiakan kesempatan dan yang tidak lulus jangan berputus asa karena SNBP bukan satu satu nya jalan menuju kesuksesan ,” tambahnya.

Adapun universitas yang menerima ke 37 siswa lolosan SNBP yaitu Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Malikussaleh, Upn Veteran Jakarta, Universitas Udayana, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Brawijaya (UNBRAW), Upn Veteran Yogyakarta, Universitas Andalas (UNAND), Universitas Negeri Medan (UNIMED), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Tanjungpura, Universitas Syiah Kuala, Politeknik Negeri Medan (POLMED). Dengan jurusan jurusan yang passing grade tinggi.

Hannan Azhari Batubara yang merupakan mantan ketua osis SMAN 2 PLUS PANYABUNGAN dan salah satu siswa yang lulus SNBP 2023 di Institut pertanian bogor dengan jurusan ilmu komputer merasa sangat senang. “Saya sangat senang dan bangga terhadap diri sendiri karena telah berhasil membayar kerja keras saya dalam mencapai kampus impian dengan jurusan sesuai dengan keinginan saya, dan saya sangat bersyukur karena dari banyaknya siswa eligble hanya saya yang memilih jurusan ilmu computer, jadi tidak harus bersaing sesama teman.”ujarnya


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(2) Komentar

Image
Dedy Saputra Lubis 7 April 2023

GOOD!!!

Bagikan   

Image
Dedy Saputra Lubis 7 April 2023

GOOD!!!

Bagikan   

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.