Trending

Dewi Luthfiana                 
189 0 0
Acara Akademik May 28 5 Min Read

WEBINAR STRATEGI MENGUBAH SKRIPSI, TESIS, DAN DISERTASI MENJADI ARTIKEL BEREPUTASI




*Webinar ini diselenggarakan oleh Blajar.ID pada Kamis, 26 Mei 2022 dengan pemateri Ibu Sunarti, S.T., M.Pd., Dr. Beliau merupakan International Publication Reviewer, Academic Writing and Research Mentor, dan Researcher. Berikut merupakan ringkasan materi yang saya dapatkan ketika mengikuti webinar tersebut.

Sebagai tugas akhir mahasiswa tingkat Sarjana, Magister, dan Doktoral, disamping menghasilkan skripsi, tesis, dan disertasi seringkali mahasiswa juga diminta untuk mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitiannya ke jurnal. Namun, sebelum membahas lebih jauh terkait tips agar artikel ilmiah terpublish di jurnal bereputasi, terdapat beberapa poin penting yang harus diperhatikan terkait publikasi:

Persyaratan dasar publikasi

Terdapat beberapa kriteria agar suatu artikel dapat dipublikasikan di jurnal bereputasi, diantaranya:

  1. High novelty

Poin ini dapat berupa: kebaruan/inovasi dari riset, nilai jual riset, pernyataan dan bukti kebaruan yang jelas.

  1. High significance

Poin ini dapat berupa: kontribusi penelitian (teori/praktikal) dan impactful (dapat memberikan impact).

Kedua poin penting tersebut perlu diketahui dan difahami secara mendalam oleh seorang peneliti, karena berdasarkan pada data 60,3% penolakan artikel disebabkan oleh kurangnya orisinil, kurang menunjukkan kebaruan yang bisa memberikan impact, dan kurang berkontribusi terhadap masalah yang ingin diselesaikan.

  1. Metodologi yang sesuai/tepat

Poin ini meliputi: metodologi harus sesuai dengan pertanyaan penelitian, cara pengukuran sesuai dengan variabel, instrumen valid dan reliabel, dan sampel cukup.

  1. Concise (singkat dan padat) dan readable draft

Poin ini meliputi: kalimat yang jelas, tidak berbelit-belit, runut, dan logis.

Poin ketiga dan keempat juga perlu difahami lebih lanjut karena 74,3% penolakan artikel disebabkan oleh metodologi yang tidak sesuai, sedangkan 58,4% karena gaya penulisan.

Perlu diketahui bahwa setiap tahun terdapat 10,000 manuskrip yang masuk ke publisher. Suatu jurnal sangat ketat dalam menyeleksi manuskrip untuk dipublikasikan. Oleh sebab itu, untuk bisa diterima di jurnal bereputasi, suatu penelitian harus berkualitas dan memiliki nilai novelty (kebaruan). Novelty merupakan poin penting yang harus diperhatikan oleh peneliti karena hal tersebut dapat menjadi nilai jual suatu riset. Semakin unik suatu penelitian, maka semakin tinggi nilai jualnya.

Menyesuaikan penelitian agar sesuai dengan kebutuhan publikasi di jurnal

Untuk menyesuaikan kriteria publikasi di jurnal, melakukan identifikasi terhadap kebaruan suatu penelitian perlu dilakukan. Untuk menganalisisnya, terdapat beberapa poin penting yang harus diperhatikan yaitu bagaimana suatu penelitian memiliki nilai kebaruan:

  1. Topik berkaitan dengan masalah yang urgent
  2. Ide didukung dengan penelitian-penelitian sebelumnya
  3. Landasan teori jelas

Ketika ketiga poin tersebut dapat terjawab dengan jelas dan sesuai, maka suatu penelitian dapat dikatakan memiliki nilai kebaruan, sehingga lebih percaya diri ketika manuskrip dikirimkan ke publisher.

Setelah memahami beberapa kriteria penting suatu manuskrip agar mampu bersaing dan sukses terpublikasi, terdapat beberapa tips dan trik untuk meningkatkan nilai novelty dan metodologi serta gaya penulisan yang sesuai:

  1. Strategi meningkatkan novelty riset
  • Untuk menghasilkan topik yang unik dan relevan, tingkatkan referensi seperti berita dan penelitian-penelitian terbaru. Hal tersebut bertujuan untuk memperkuat latar belakang.
  • Carilah teori yang sesuai dengan hubungan antar variabel.
  • Carilah artikel-artikel terbaru untuk mendukung klaim novelty terhadap riset yang akan dilakukan.

Untuk memenuhi kriteria dari ketiga poin tersebut dapat dilakukan dalam tahapan literature review.

  1. Meningkatkan kualitas metodologi riset
  • Metodologi sesuai dengan RQ (Research Question). Hal tersebut dapat dilakukan dengan melengkapi data dengan metode yang lebih sesuai.
  • Mengukur variabel ulang/mengambil data ulang untuk mendapatkan variabel yang sesuai
  • Melakukan uji validasi dan reliability.
  • Menambah jumlah sampel untuk memperluas scope penelitian.
  1. Strategi menyusun gaya penulisan (writing style)
  • Menulis ulang dengan memanfaatkan tool seperti google translate, quillbot, dan Grammarly.
  • Memanfaatkan bantuan profesional seperti mengikuti kelas academic writing dan menggunakan jasa proofreading service.

Tips submit artikel ke jurnal

  1. Memilih jurnal yang tepat: pastikan bahwa jurnal sesuai dengan aim and scope, sesuai target akreditasi/index, dan tidak predator/hijacked. 
  2. Pastikan bahwa APC cocok. Hal ini dapat dilakukan dengan mengecek APC jurnal di website jurnal target
  3. Perhatikan format manuskrip. Hal ini dapat dilakukan dengan mengecek author’s guideline sesuai dengan jurnal target, karena seringkali format penulisan dari masing-masing jurnal berbeda.
Dewi Luthfiana                 
189 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.