Trending

ibnunu                 
69 0 0
Opini Akademisi October 28 4 Min Read

5 Universitas Terbaik di Jepang




Jepang merupakan salah satu negara di Asia Timur yang sumber daya manusianya sangat maju. Tingkat kedisiplinan masyarakat Jepang sangat tinggi, selain itu masyarakat Jepang merupakan warga negara yang dekat dengan perkembangan teknologi dan kemajuan akan tetapi tidak meninggalkan budaya tradisionalnya. Bahkan budaya-budaya tersebut berhasil mereka jadikan aset yang sudah terkenal sampai ke ujung dunia, seperti budaya minum teh, samurai, katana bahkan ninja merupakan budaya dari negara matahari terbit tersebut yang tetap mereka lestarikan dan akulturasikan dengan kemajuan-kemajuan hari ini. Tingkat kedisiplinan, etos kerja hingga kecerdasan masyarakat Jepang tidak muncul begitu saja. Warga jepang dididik dengan keras sejak kecil, ada campur tangan pendidikan panjang yang mereka lalui sehingga menjadi masyarakat yang sangat produktif seperti itu.

Untuk kita yang bukanlah masyarakat Jepang dan ingin meneladani gaya hidup orang Jepang tidak perlu risau karena tidak merasakan kurikulum pendidikan ala Jepang sejak kecil. Kita masih berkesempatan mengenyam pendidikan di Jepang kok. Saat ini cukup banyak beasiswa yang dibuka dan dikhususkan untuk masyarakat internasional. Beasiswa tersebut terbuka bagi siapa saja yang memenuhi persyaratan dan ingin melanjutkan studi ke negara yang terkenal dengan bunga sakura tersebut. Sebelum memutuskan untuk mencari beasiswa kiranya perlu untuk mengetahui universitas terbaik di Jepang, berikut:

University of Tokyo

Universitas terbaik di Jepang yang pertama yaitu University of Tokyo. Universitas ini merupakan salah satu dari anggota 7 Universitas Nasional Jepang. Jurusan unggulan dari Universitas of Tokyo antara lain yaitu: Fakultas Hukum, Sastra, Seni Liberal, dan Sains universitas ini menawarkan program-program S1 dalam bahasa Inggris. beberapa program S2 bidang Ekonomi, Ilmu Lingkungan dan Teknik juga disampaikan dalam bahasa Inggris. Universitas ini mempunyai 5 kampus di Hongo, Komaba, Kashiwa, Shirokane dan Nakano. Terdapat 10 fakultas yang dimiliki oleh University of Tokyo ini.

Kyoto University

Universitas terbaik di Jepang selanjutnya yaitu Kyoto University. Universitas ini juga merupakan bagian dari 7 universitas nasional Jepang. Universitas ini berdiri sejak tahun 1897, universitas ini terletak di Kyoto maka dari itu universitas ini dinamai Kyoto University. Kyoto University memiliki 10 fakultas dan 17 sekolah pascasarjana, 13 institut riset, serta 29 pusat riset dan pendidikan. Sudah banyak lulusan dari Kyoto University yang berhasil meraih penghargaan Nobel dalam bidang Fisika Teori, Kimia, Biologi Molekuler. Kampus utama adalah Kampus Yoshida yang berada di pusat kota Kyoto. Dua kampus lainnya adalah Kampus Uji dan Kampus Katsura.

Tokyo Institute of Techonolgy

Tokyo Institute of Technology atau biasa disebut sebagai Tokodai atau Tokyo Tech ini merupakan universitas terbaik di Jepang yang telah diakui sebagai universitas terkemuka yang ada di Jepang. Program studi yang menjadi unggulan untuk Tokyo Tech ini antara lain ilmu alam dan teknik lapangan. Tokyo Tech menduduki peringkat ke 61 dalam penilaian secara keseluruhan, menjadi universitas terbaik ke 4 di Jepang dan menduduki peringkat 21 di bidang teknologi, dan peringkat 57 untuk bidang ilmu alam menurut QS World University Rankings.

Universitas ini  juga merupakan universitas di Jepang yang sudah cukup tua. Universitas sains dan teknologi di Jepang telah berdiri lebih dari 130 tahun. Selain menyediakan beasiswa, Tokyo Tech juga menyediakan layanan dukungan yang lengkap bagi mahasiswa. Tak terkecuali bantuan pembiayaan untuk kuliah.

Osaka University

Sama seperti universitas-universitas lain di atas Osaka University atau Osaka daigaku  merupakan universitas nasional yang terletak di Osaka Jepang. Universitas ini berdiri pada tahun 1869. Universitas ini memiliki 4 kampus yang tersebar di Suita, Toyonaka, Mino dan Nakanoshima. Osaka University setidaknya memiliki 11 fakultas. Universitas ini juga memiliki 5 institut penelitian. Dua program S1 disampaikan dalam bahasa Inggris, dan untuk jenjang S2 tersedia lima program kuliah dalam bahasa Inggris.

Tohoku University

Tohaku University merupakan universitas negeri yang terletak di Sendai, Prefektur Miyagi, Wilayah Tohaku Jepang. Universitas satu ini juga merupakan salah satu dari universitas nasional yang ada di Jepang. Tohoku University berdiri sejak tahun 1907. Universitas Tohoku memiliki 10 fakultas dan 15 sekolah pascasarjana. Universitas ini adalah universitas negeri pertama di Jepang yang menerima mahasiswa perempuan (menerima 3 mahasiswi pada tahun 1913). Tohoku University memiliki lima kampus di mana kamu bisa menemukan museum, perpustakaan, tempat konferensi, panggung pertunjukan, taman-taman bahkan sebuah rumah sakit.

Sumber referensi: https://titiknolenglish.com/daftar-universitas-terbaik-di-jepang-dan-info-beasiswanya/

ibnunu                 
69 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.