Trending

Lailaturrahmi                  
87 1 4
Acara Akademik November 22 5 Min Read

Tingkatkan Penggunaan Obat yang Aman, Tim PKM Farmasi UNAND Lakukan Kunjungan Rumah dan Edukasi Penggunaan Obat




Sebagai bentuk pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, Fakultas Farmasi Universitas Andalas (UNAND) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Nagari Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 1 Oktober 2022 mulai pukul 11.00 - 15.00 WIB dalam bentuk kunjungan ke rumah (home visit) dan penyuluhan penggunaan obat bebas dan obat bebas terbatas kepada masyarakat.

Ketua dalam kegiatan pengabdian ini adalah apt. Lailaturrahmi, M.Farm., dosen Departemen Farmakologi dan Farmasi Klinis, Fakultas Farmasi Universitas Andalas. Selain melibatkan dosen, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa S2 yang sekaligus berprofesi sebagai apoteker, yakni apt. A. Radhya Dionanda sebagai koordinator, dan dibantu oleh apt. Utami Budhi Fadilla, apt. Hizra, apt. Rama Feriska Putra, apt. Tri Dewi Zakinah, apt. Nurfadilah, apt. Ivan Pratama, apt. Nurwahidatul Arifa, dan apt. Wira Wahyudi Nandayasa. Sebanyak 28 orang mahasiswa S1 juga dilibatkan dalam tim pelaksana home visit dan edukasi ini. Pelaksana kegiatan dibagi menjadi lima tim yang berkunjung ke area yang berbeda-beda sesuai yang telah dipetakan sebelumnya. Sasaran pada kegiatan ini adalah masyarakat umum di Nagari Sikucur.

Kegiatan dimulai dengan perkenalan tim pelaksana dengan keluarga di rumah sasaran. Selanjutnya, tim pelaksana akan menanyakan beberapa pertanyaan (pre-test) mengenai pengetahuan dan pola penggunaan obat sendiri (swamedikasi) kepada keluarga yang menjadi target edukasi. Berdasarkan jawaban yang diberikan oleh target edukasi, tim akan menjelaskan materi terkait penggunaan obat bebas dan obat bebas terbatas yang aman dan tepat. Kemudian, tim akan menanyakan pertanyaan yang sama (post-test) untuk memastikan target edukasi sudah memahami penjelasan yang diberikan. Kegiatan ditutup dengan foto dokumentasi dan penyerahan paket obat dan leaflet edukasi untuk pertolongan pertama pada gangguan kesehatan ringan di rumah.

Dari wawancara singkat tim pelaksana dengan keluarga-keluarga yang menjadi target edukasi, terdapat perbedaan pola swamedikasi masyarakat. Meski sebagian target edukasi biasa menggunakan obat bebas untuk sakit kepala, demam, maag, dan diare, ada juga target edukasi yang biasa menggunakan tanaman di sekitar rumah sebagai obat, atau justru enggan menggunakan obat tanpa resep dokter. Hal ini menunjukkan keberagaman perilaku masyarakat dalam menggunakan obat. Apoteker sebagai profesi yang ahli di bidang obat-obatan juga bertanggung jawab dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat yang membutuhkan.

Keluarga yang menjadi target edukasi sangat mengapresiasi kedatangan tim yang memberikan penjelasan mengenai cara menggunakan obat-obatan bebas dan bebas terbatas yang aman dan tepat. Selain itu, apt. Lailaturrahmi, M.Farm. selaku ketua kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berharap kegiatan kunjungan rumah dan edukasi ini bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan masyarakat melalui swamedikasi yang benar. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menginisiasi bagi kegiatan pengabdian lanjutan untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku masyarakat dalam menggunakan obat.

Lailaturrahmi                  
87 1 4
Bagikan ini ke sosial media anda

(1) Komentar

Image
Dedy Saputra Lubis 23 November 2022

Sangat Baguss!!!

Bagikan   

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.