Trending

Adi Prastyo                 
129 0 0
Opini Akademisi October 21 5 Min Read

Fakta Menarik Sistem Pendidikan di Negara Cina




Berbicara mengenai pendidikan pastinya berhubungan dengan pembelajaran dan pembentukan karakater. Dalam hal yang lebih besar, pendidikan berpengaruh pada kemajuan suatu negara. Jika kita melihat satu negara yang besar pastinya memiliki sistem pendidikan yang bagus hingga mampu membentuk negaranya menjadi negara yang maju. Cina adalah salah satu negara maju di Asia dengan raksasa ekonomi. Cina telah menjadi negara yang mampu bersaing dengan negara-negara Eropa dan Amerika berkat kemajuannya di bidang perdagangan. Lalu bagaimana fakta yang ada pada sistem pendidikan negara tersebut hingga mampu mengembangkan negara yang hebat. Berikut adalah fakta menariknya.

Pemanasan Sebelum Belajar

Cina mewajibkan seluruh murid untuk mengikuti kegiatan pemanasan pagi sebelum memulai proses pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan dengan cara seluruh siswa melakukan gerakan pemanasan fisik yang dipandu oleh guru olahraga. Kegiatan ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu di waktu pagi dan siang hari. Sebenarnya cara ini sudah diterapkan di negara kita, masih ingatkah waktu di sekolah dasar ada kegiatan senam pagi setiap sebelum memulai pembelajaran? Kegiatan ini hampir sama dengan yang dilakukan oleh murid di Cina. Kegiatan ini dapat menunjang kesehatan fisik pada semua murid yang ada. Bagaimanapun kesehatan dan kebugaran fisik adalah aspek penting untuk menunjang kegiatan belajar di mana kegitan tersebut melibatkan proses berfikir.

Waktu Belajar Yang Panjang

Negara Cina menerapkan jam belajar yang panjang. Pembelajaran di negara tersebut berlangsung mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore. Indonesia juga menerapkan sistem pembelajaran yang panjang seperti ini. Akan tetapi kemauan anak-anak di Cina untuk terus belajar memberikan nilai tersendiri. Setelah pembelajaran yang panjang ini, murid-murid di Cina masih menjalani les privat atau mengerjakan tugas sekolah mereka. Karena hal tersebutlah pelajar-pelajar di Cina bisa pulang ke rumah hingga jam 8 malam.

Rangking Setiap Hari

Pendidikan di Cina selalu mengupdate nilai para muridnya setiap hari. Berbeda dengan di Indonesia yang memberikan sistem rangking tiap semester atau setiap kenaikan kelas. Bahkan beberapa sekolah tidak menerapkan sistem rangking ini dengan alasan agar tidak ada murid yang merasa minder. Hal ini tidaklah salah karena sistem yang baik harus menyesuaikan pada bagaimana lingkungan dan pola pikir manusia yang ada di linkungan tersebut.

Pemberian rangking ini tidak hanya pada nilai akademik, akan tetapi juga pada keaktifan murid kelas serta perilaku mereka yang dianggap baik. Sistem rangking ini disajikan dalam bentuk pemberian bintang pada murid, setiap hal yang bernilai positif akan diberikan bintang dan setiap perilaku negatif dapat mengurangi jumlah bintang yang telah diberikan. Dan sistem penilaian ini diupdate setiap hari dan dapat dilihat oleh semua murid.

Rajin Belajar Mandiri

Dengan sistem rangking harian yang diterapkan di sekolah, menjadikan murid di negara ini berkompetisi untuk mendapatkan prestasi dan reputasi di sekolah mereka. Hal ini lah yang mendorong para murid untuk menambah waktu belajar mereka dengan cara belajar mandiri. Terdapat beberapa sekolah di Cina yang mengharuskan murid mereka mengambil waktu belajar mandiri di sekolah.

Piket Bersama

Karakter yang ingin dibentuk di pendidikan negara Cina bukan hanya soal kompetitif. Mereka juga membentuk karakter kerjasama para muridnya melalui kegiatan piket bersama. Jika di Indonesia kegiatan ini selalu dijadwalkan, di Cina justru sebaliknya. Piket membersihkan lingkungan dilakukan secara bersama-sama. Hal ini bertujuan untuk memberikan nilai karakter kerjasama di samping mengajarkan nilai kebersihan dan keindahan lingkungan.

Memberikan Waktu Tidur Siang

Satu hal yang unik dari sistem pendidikan di Cina adalah pemberian waktu tidur siang. Para murid di negara ini memberikan waktu setelah jam makan siang untuk dijadikan waktu tidur bagi para murid di Cina. Hal ini karena sistem pendidikan di Cina yang menerapkan jam belajar yang panjang, sehingga memberikan waktu istirahat bagi para murid agar tetap menjaga produktifitas mereka selama belajar.

Dukungan Pemerintah

Pemerintah Cina memberikan program beasiswa bagi pelajar-pelajar internasional yang ingin menempuh pendidikan di negara Cina sperti China Government Scholarship. Beasiswa ini adalah bentuk kerjasama negara Cina dengan negar-negara lain. Beasiswa ini menyediakan cakupan penuh maupun parsial untuk jenjang S1 hingga S3. Beasiswa ini juga mendukung mahasiswa internasional yang ingin melakukan program riset. Inilah bentuk dukungan negara tersebut terhadap pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan.

Itulah beberapa fakta pendidikan di negara Cina. Walau bagaimanapun setiap negara memiliki sistemnya masing-masing dan pastinya menyesuaikan dengan lingkungan serta karakater manusianya. Akan tetapi pastinya ada beberapa sistem yang bisa kita tiru untuk meningkatkan kualitas pendidikan maupun kualitas pribadi seseorang.

Referensi:

https://titiknolenglish.com/info-lengkap-china-government-scholarship-2023/

Adi Prastyo                 
129 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.