Trending

KKN Reguler 79 Posko 20 UIN Walisongo                 
90 0 8
Opini Akademisi November 8 10 Min Read

Berdaya Bersama Santri: Sambut Hari Santri Nasional 2022 Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Adakan Festival Lomba Bertajuk Islami di Kelurahan Genuksari




Semarang - Mahasiswa KKN Reguler posko 20 UIN Walisongo Semarang meriahkan Hari Santri Nasional dengan mengadakan festival lomba di Kelurahan Genuksari,  Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Festival lomba ini diadakan dalam rangka perayaan Hari Santri Nasional 2022 yang rutin di peringati setiap tanggal 22 oktober. Adapun lomba yang di adakan oleh tim panitia KKN diantaranya yaitu  lomba adzan, lomba tahfidz, lomba kaligrafi, dan lomba mewarnai kaligrafi.

Tujuan diadakannya festival lomba ini adalah untuk menyemarakkan Hari Santri Nasional dan memberikan motivasi kepada anak-anak agar supaya dapat mengimplementasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini mengusung tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” yang sesuai dengan tema Hari Santri Nasional 2022 yang di pelopori oleh Menteri Agama, yang mana tema tersebut mempunyai arti bahwa setiap santri memiliki tugas menjaga harga diri martabat bangsa dan negara, seperti yang diucapkan oleh pendiri Nahdlatul Ulama yakni KH. Hasyim Asy’ari.

Selain itu, "kegiatan ini juga bertujuan sebagai  sarana untuk meningkatkan kualitas generasi muda yang islami, religious, cerdas, dan berintelektual tinggi serta membangun kembali solidaritas masyarakat agar dapat mempererat  kembali hubungan silaturrahmi antar warga sehingga dapat terciptanya ukhuwah islamiyyah" ujar Iqbal Fakhoironi selaku ketua panitia lomba HSN 2022 posko 20 KKN UIN Walisongo.

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada semua teman-teman KKN posko 20 dan juga kepada rekan IPNU dan IPPNU Kelurahan Genuksari yang telah ikut membantu dan menyukseskan acara lomba ini" imbuhnya.

Kegiatan lomba dilaksanakan di halaman posko KKN 20 yang diikuti oleh 60 peserta TPQ/ MI se-Kelurahan Genuksari. Acara ini di hadiri oleh perwakilan lurah Kelurahan Genuksari, para ketua TPQ, rekan IPNU dan IPPNU ranting dan peserta lomba.  Pelaksanaan lomba berlangsung selama dua hari pada hari selasa dan rabu (17-18/10/2022). Kegiatan lomba ini memiliki tingkat  antusiasme yang sangat tinggi hal ini bisa dilihat dengan banyaknya peserta yang mencapai 60 peserta dari seluruh cabang lomba.

Dalam sambutan pembukaan acara lomba, Pak Fitri selaku perwakilan kelurahan mengatakan, "Saya sangat bangga dan  mengapresiasi sekali kepada tim mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang karna bisa mengadakan acara lomba dalam  rangka  memperingati Hari Santri Nasional, seperti yang kita ketahui bahwa di desa kami selama dua tahun belakangan ini sudah tidak pernah lagi mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat terbuka di karenakan pandemic  yang melanda negara kita dan hari ini Alhamdulillah kita bisa mengadakan lagi acara seperti ini dan saya sangat yakin anak anak kami pasti akan sangat senang dan antusias sekali dalam mengikuti lomba ini".  Antusias para peserta TPQ di Genuksari membuat acara lomba hari santri berjalan dengan baik dan lancar, hingga akhir acara.

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang ke-79 Kelompok 20 bersama TPQ Genuksari, Rabu (18/10/2022)

Selain itu pengumuman dan penyerahan juara lomba juga diberikan langsung pada hari ke dua yaitu pada hari rabu (18-10-2022) oleh panitia setelah acara berakhir. Peserta yang meraih juara satu lomba tahfidz yaitu Tristan, ia mengaku sangat senang bisa mengikuti lomba hari santri meskipun awalnya deg degan tapi seru, katanya.

"Hari santri merupakan momentum revitalisasi semangat santri dalam memperjuangkan NKRI dan kegiatan KKN dalam hari santri ini merupakan implementasi KKN yang dilakukan di Genuksari." menurut Ulin Nihayah selaku DPL KKN reguler kelompok 20 Genuksari.

KKN Reguler 79 Posko 20 UIN Walisongo                 
90 0 8
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.