Trending

Dewi Luthfiana                 
396 0 3
Sains dan Teknologi March 30 7 Min Read

WIZ: tool berbasis website untuk visualisasi data interaktif dengan memanfaatkan Big Data




Di era keterbukaan informasi saat ini data merupakan salah satu bentuk emas baru. Di setiap sendi kehidupan saat ini data sangat dibutuhkan terutama dalam pengambilan sebuah keputusan atau kebijakan. Hal penting yang harus diperhatikan terkait data adalah bagaimana data itu dipresentasikan dan visualisasi data menjadi sangat penting dalam merepresentasikan data sehingga semakin mudah untuk dipahami. Tidak terkecuali juga dalam dunia penelitian, dimana saat ini data ilmiah juga tersedia dan dapat diperoleh dengan mudah dan dalam jumlah yang besar. Sayangnya, data ilmiah dalam jumlah besar ini sifatnya sangat kompleks antar variabel, menjadikan peneliti membutuhkan suatu platform khusus untuk membantu memvisualisasikan data hasil penelitian dengan mudah dan cepat. Misalnya, dalam beberapa bidang sains, salah satunya teknik simulasi untuk karakterisasi suatu material dengan jumlah ribuan dan jutaan dapat dianalisis secara cepat menggunakan teknik visualisasi data yang tepat.

Akan tetapi, pada beberapa artikel yang terbit di jurnal ilmiah maupun platform – platform sharing media di dunia akademis, visualisasi data lebih seringnya ditampilkan secara statis sehingga kurang menarik dan diminati oleh pembaca. Oleh sebab itu, visualisasi data secara interaktif dinilai sangat penting untuk memberikan kesan menarik pada pembaca serta dapat menjadi perantara dalam memahami hasil penelitian peneliti dengan lebih baik. Namun, sebagian besar peneliti merasa bahwa visualisasi data interaktif merupakan hal yang sulit, rumit dipahami, dan menakutkan. Platform - platform populer yang telah dikembangkan untuk visualisasi data diantaranya Plotly, Altair, pygal, Bokeh, Gleam, dan Matplotlib dengan menggunakan bahasa atau kode pemrograman yang relative rumit. Sehingga, pengguna platform tersebut diharuskan memiliki pengetahuan tentang pemrograman untuk dapat menjalankan sistem operasi yang akan digunakan untuk visualisasi data. Beberapa software yang tersedia secara komersial seperti Tableau, membutuhkan lisensi khusus artinya tidak sembarang pengguna bisa mengaksesnya. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu tool yang dapat diakses secara umum, mudah dioperasikan, serta mudah digunakan untuk membuat platform visualisasi data interaktif.

Wiz yang dikembangkan oleh peneliti dari Department of Chemical and Biological Engineering, The University of Sheffield, UK yang dipimpin oleh Dr. Peyman, Z. Moghadam hadir sebagai salah satu tools berbasis website yang mampu mengolah dan memvisualisasi data secara interaktif dari data hasil penelitian yang sangat kompleks dan dalam jumlah banyak secara mudah, cepat, dan menarik. Karena berbasis website, maka dapat dikatakan bahwa tools ini dapat diakses secara online kapan pun melalui https://wiz.shef.ac.uk. Salah satu keunggulan dari layanan ini adalah tidak mengharuskan users untuk memiliki kemampuan pemrograman dalam memproyeksikan kumpulan data yang diinginkan. Wiz cocok digunakan oleh para peneliti dari berbagai bidang seperti material science, kimia, biologi, aplikasi machine learning, dan bidang-bidang lainnya.

Dalam mengoperasikan Wiz, users tidak perlu mengupload data, menyaring data, dan mengeplot perintah-perintah (commands) secara terus-menerus, seperti halnya sistem pemrograman pada umumnya. Pengguna yang akan mengolah datasetnya dapat dengan mudah membuat grafik yang menarik dengan langsung menuju ke website https://wiz.shef.ac.uk dengan mengupload file dataset secara langsung. Wiz memiliki beberapa fitur utama yang membuat visualisasi data lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Gambar 1. Menunjukkan tampilan dari platform Wiz.

Gambar 1. Tampilan histogram suatu dataset (dalam hal ini didapatkan dari kristal Metal Organik Frameworks/MOFs dengan jumlah lebih dari 3,000 data)

Pada contoh ini, terlihat hubungan dari struktur material yang menunjukkan sifat fisik, geometri, sifat kimia untuk menampilkan parameter dari ribuan simulasi. Korelasi tersebut dapat membantu memahami tampilan komponen material secara kritis dan mengarahkan untuk melakukan eksperimen selanjutnya yaitu membuat material yang lebih berkualitas.

Gambar 2 menunjukkan salah satu contoh bagaimana WIZ dapat memvisualisasikan data dalam analisis hingga 5 dimensi artinya pengguna dapat melakukan analisis pengaruh empat variabel bebas terhadap variabel terikat. Gambar 2 menunjukkan bagaimana pengguna dapat melakukan analisis kemampuan dari ratusan hingga ribuan suatu material berpori untuk menyerap sebuah gas dalam satuan volume (pada sumbu-Y) dan satuan berat (pada sumbu-X) yang dipengaruhi oleh berat jenis material tersebut yang diwakili oleh warna dan fraksi dari pori materialnya yang diwakili oleh ukuran lingkaran pada grafik pada berbagai macam tekanan operasi. Visualisasi data pada kasus di atas (Gambar 2) sangat penting dalam upaya pengembangan material baru bagi peneliti untuk memiliki pemahaman yang mendalam terkait struktur utama suatu material yang perlu dioptimalkan lebih lanjut melalui visualisasi data ini. Visualisi data secara interaktif seperti ini akan dapat membantu untuk mempelajari fenomena – fenomena yang menghubungkan beberapa variabel sekaligus dalam satu plotting. Hal ini nantinya akan membantu tidak hanya peneliti tapi juga dunia industri bahkan pemangku kepentingan dalam mengambil sebuah keputusan atau kebijakan berdasarkan representasi dan visualisasi data yang ada.

Gambar 2. merupakan plot 4D yang membandingkan serapan gravimetri dan volumetri untuk 3.000 struktur material pada dua tekanan yang berbeda, yaitu 20 dan 100 bar.

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana prosedur visualisasi data menggunakan WIZ, pembaca dapat mengunjungi langsung publikasi mengenai WIZ di link ini (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2666389920301410)

Dewi Luthfiana                 
396 0 3
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.