Trending

Dewi Luthfiana                 
181 0 2
Acara Akademik June 1 5 Min Read

WEBINAR RISET DAN PUBLIKASI: Mengenal Aplikasi Gratis untuk Analisis Bibliometrik




Apakah sudah pernah mendengar atau mengenal lebih jauh dengan istilah Bibliometrik?

Istilah Bibliometrik banyak ditemui pada beberapa jenis artikel di jurnal, sedangkan pengertian secara umumnya Bibliometrik merupakan salah satu metode penelitian yang bertujuan untuk memetakan perkembangan dari penelitian-penelitian yang sudah ada di bidang tertentu secara sistematis. Terdapat beberapa manfaat ketika suatu penelitian/studi dilakukan menggunakan Teknik bibliometrik, di antaranya:

Namun, perlu diperhatikan bahwa kesalahan awal studi menggunakan bibliometrik seringkali terjadi. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan boolean dan variabel yang kurang sesuai pada proses penjaringan literatur, sehingga akan berpengaruh terhadap kualitas artikel yang dihasilkan. Oleh sebab itu, sebelum melakukan studi menggunakan teknik ini, diperlukan skill yang mumpuni dalam menyusun boolean dan keyword/keyphrase yang benar.

Selain memiliki beberapa manfaat, penelitian menggunakan metode bibliometrik juga memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

  1. Tidak perlu ke lapangan

Untuk melakukan observasi, penelitian dapat dilakukan di rumah atau di kantor, sehingga tidak membutuhkan kegiatan di lapangan.

  1. Biaya murah dan bisa diselesaikan dalam waktu singkat
  2. Peluang besar untuk disitasi oleh peneliti-peneliti di bidangnya
  3. Penelitian relative mudah dilakukan

Ketika telah berhasil menguasai filosofi dan karakteristik setiap tool yang berguna untuk aplikasi bibliometrik, penelitian akan menjadi lebih mudah.

Untuk mendukung penelitian, terdapat beberapa tools gratis untuk analisis bibliometrik, diantaranya:

  1. VOSViewer

Link download aplikasi: https://www.vosviewer.com/

2. Biblioshiny R

Link download aplikasi: https://www.bibliometrix.org/

4. PoP (Publish or Perish)

Link download aplikasi: https://harzing.com/resources/publish-or-perish

3. Gephi

 

Link download aplikasi: https://gephi.org/

Di antara keempat jenis tool tersebut, VOSViewer paling umum digunakan. Selanjutnya, PoP dan Gephi, sedangkan Biblioshiny R masih jarang digunakan karena karakteristik toolnya lumayan rumit dan membutuhkan skill pemrograman.

Setiap tool memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan. Oleh sebab itu, untuk memaksimalkan penggunaannya, mengombinasikan antara satu tool dengan tool lainnya merupakan strategi terbaik untuk menghasilkan penelitian berbasis analisis bibliometrik yang berkualitas.

 

Dewi Luthfiana                 
181 0 2
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.