by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Dira Hefni                 
510 2 2
Acara Akademik October 12 3 Min Read

Pelatihan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sebagai minuman Herbal di Kampung Dalam Padang Pariaman




Tanaman obat Keluarga (TOGA) merupakan tanaman yang dapat dibudidaya di rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Di Indonesia sangat banyak jenis tanaman berkhasiat yang dapat dengan mudah ditemukan dan dibudidayakan. Pembudidayaan tanaman obat keluarga dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah atau tanah-tanah yang ada disekitar rumah, sehingga semua anggota keluarga dapat membantu mengelola lahan pekarangan agar dapat menghasilkan bahan yang bermanfaat, contohnya adalah jahe (Zingiber officinale) dan lidah buaya (Aloe vera).

Rimpang dari tanaman jahe dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari sebagai bumbu masak, selain itu rimpang ini juga dapat digunakan sebagai bahan yang bermanfaat bagi kesehatan. Rimpang jahe dapat disimpan lama dalam bentuk serbuk siap pakai dan dikemas sehingga memudahkan dalam setiap penggunaannya.

Tanaman lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam minuman, daging daun tanaman ini dapat diolah menjadi nata de aloe vera dengan bentuk seperti jelly dan bertekstur kenyal yang tak kalah enak.